Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 01:50 WIB

Jelang Hari Bumi, Menhub-Sidarto Bersepeda di GBK

Oleh : - | Sabtu, 21 April 2018 | 11:35 WIB
Jelang Hari Bumi, Menhub-Sidarto Bersepeda di GBK
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Menjelang peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 29 April ini, Kementrian Perhubungan melalui Direktorat Pembinaan dan Keselamatan bakal mengadakan Goes Sepeda dari Jakarta menuju Surabaya.

Sidarto Danusburoto, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, siap memeriahkan acara ini. Saat ditemui di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Jumat (20/4/2018), Sidarto tengah mengayuh sepeda. Ia mengaku sedang berlatih meningkatkan stamina guna persiapan acara Gowes Jakarta-Surabaya. "Ini untuk persiapan nanti tanggal 29, hari bumi, kita mau buat gerakan gowes Jakarta-Surabaya. Pesertanya ribuan nanti," kata Sidarto.

Dalam acara Goes Jakarta-Surabaya itu, akan diikuti sejumlah pesepeda profesional dan masyarakat. Waktu tempuhnya enam hari, di mana ada lima etape di tiap kota sampai garis finish di Surabaya, Jawa Timur. "Jadi nanti di tiap kota akan ada kelompok-kelompok atau komunitas, di Karawang, Cirebon, Brebes, Pemalang dan Semarang akan menjemput para pesepeda itu," papar Sidarto.

Dengan bersepeda, sambung Sidarto, selain membuat udara bebas polusi, menjadikan badan sehat. Dia berharap, kegiatan ini dapat menularkan kepada masyarakat. Harus disadari bahwa bersepeda merupakan satu keistimewaan.

Terlebih, ungkap politisi PDIP itu, pedesterian di Jakarta telah diperbaiki dan diperlebar sehingga dapat mengakomodir pejalan kaki dan pesepeda. "Misalnya di Belanda orang bersepeda itu dihormati sekali disini (Indonesia) malah mobil mewah yang dihormati," ujarnya. [tar]

Komentar

x