Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 09:17 WIB

Dua Tahun Politik, IMF Sebut Ekonomi RI Tumbuh

Oleh : - | Senin, 23 April 2018 | 10:11 WIB
Dua Tahun Politik, IMF Sebut Ekonomi RI Tumbuh
Director of the Asia Pacific Department at IMF, Changyong Rhee - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Washington - Director of the Asia Pacific Department at IMF, Changyong Rhee menyebut, perekonomian Indonesia terus membaik. Disokong kebijakan ekonomi makro dan reformasi struktural.

Proyeksi IMF, kata dia, ekonomi Indonesia bakal menggeliat di level 5,3% pada 2018. Setahun berikutnya diprediksi naik tipis menjadi 5,5%.

Perbaikan ini dipantik menterengnya kinerja investasi serta ekspor. Adapun inflasi bakal terjaga di 3%, defisit transaksi berjalan diperkirakan di bawah 2% dari Produk Domestik bruto (PDB).

Meski begitu, kata Rhee, Indonesia perlu mewaspadai pembalikan arus masuk modal, perlambatan ekonomi China, serta ketegangan perdagangan geopolitik dan global. "Risiko domestik termasuk masih mininya pendapatan pajak dan suku bunga kredit yang tinggi," ujar Rhee.

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi global, saat ini, mampu mendongkrak harga komoditas yang memberikan berkah bagi ekonomi Indonesia.Dengan kebijakan moneter yang konsisten yakni menahan suku bunga sejak September 2017, efektif dalam menjaga inflasi.
"Ke depan, Bank Indonesia (BI) harus tetap berupaya fokus untuk menjaga inflasi," papar Rhee.

Menurut Rhee, kebijakan fiskal ke depan harus diarahkan untuk membangun kembali bantalan fiskal, dengan defisit fiskal diperkirakan sekitar 2,55% dari PDB pada di 2018-2019, di bawah 3% dari batas atas PDB.
Pemerintah Indonesia juga harus terus memperluas infrastruktur, kebijakan sosial, serta harus tetap memangkas subsidi.

Selain pembangunan infrastruktur, Indonesia juga harus mendorong pertumbuhan jangka menengah untuk mengatasi kebutuhan tenaga kerja angkatan kerja muda yang akan membutuhkan reformasi yang berkelanjutan untuk pasar tenaga kerja, produk, dan jasa keuangan. [tar]

Komentar

x