Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 13:33 WIB

Tahun Politik, Kredit Bank Tetap Tumbuh

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 23 April 2018 | 18:03 WIB

Berita Terkait

Tahun Politik, Kredit Bank Tetap Tumbuh
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN), Maryono - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN), Maryono mengungkapkan memasuki tahun politik tidak mempengaruhi pertumbuhan kredit. Sebab, di kuartal I posisi kredit BTN justru sudah mengalami peningkatan.

"Kenyataannya tadi di semester I posisinya kami lebih baik, kredit naik 19 persen dananya naik 23 persen, artinya menurut kami pengaruh tidak ada dan tidak signifikan," kata Maryono seusai Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Dengan begitu, tahun politik tidak serta merta menurunkan kredit. Ia menyebut, permintaan kredit malah semakin membaik. "Semakin menarik (kredit ini)," kata dia.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penyaluran kredit konsumsi perbankan per Desember 2017 sebesar Rp1.335,40 triliun. Nilai tersebut tumbuh 11,04% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp1.202,63 triliun.

Sebelumnha, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menargetkan pertumbuhan kredit konsumsi sekitar 23%25% di tahun ini. Adapun, pada tahun 2017 kredit konsumsi BRI tumbuh 14,4%.

Pada 2017, BRI telah menyalurkan kredit konsumer hingga Rp 114,60 triliun atau tumbuh 14,40%. Dari sisi kualitas kredit pun, bisnis konsumer BRI masih terpantau baik dengan rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) sebesar 1%.

Kredit konsumer BRI paling besar di sumbang oleh segmen kredit berbasis gaji dan kredit pemilikan rumah (KPR). Masing-masing menyumbang porsi 76,8% dan 19,3% dari totla penyaluran kredit konsumsi.

Sementara PT Bank CIMB Niaga Tbk tahun ini akan konsisten di bisnis ritel konsumer serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). "Bisnis KPR, KTA dan kartu kredit tahun ini diprediksi tumbuh 15%," kata Lani Darmawan, Direktur Konsumer CIMB Niaga beberapa waktu lalu. [hid]

Komentar

x