Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 03:29 WIB

Puluhan Ribu Rokok Ilegal Diangkut Kapal Kelotok

Senin, 23 April 2018 | 22:15 WIB

Berita Terkait

Puluhan Ribu Rokok Ilegal Diangkut Kapal Kelotok
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Ketapang - Bea Cukai Ketapang menindak sejumlah barang kena cukai (BKC) hasil tembakau/rokok ilegal yang diangkut oleh sebuah kapal kelotok ke Pelabuhan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara.

Dari penindakan tersebut petugas berhasil menggagalkan upaya pemasukan 64.000 batang rokok ilegal yang terdiri dari tiga merek rokok lokal yaitu NIO Filter, BARA, dan BOZZ. Estimasi nilai barang ilegal tersebut adalah Rp64.000.000,00 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp22.656.000,00.

Kepala Kantor Bea Cukai Ketapang, Broto Setia Pribadi, mengungkapkan kronologi penindakan tersebut. "Sesuai informasi dari intelijen, diketahui kapal tersebut bersandar pada pukul 14.00 WIB di Pelabuhan Teluk Batang. Saat dilakukan penindakan, rokok ilegal tersebut dikemas dalam kardus dan dilapisi karung plastik. Petugas sempat menunggu kedatangan pemilik barang ilegal tersebut, namun karena pemilik barang tidak kunjung datang, akhirnya petugas memutuskan untuk membawa langsung barang bukti ke kantor untuk diproses lebih lanjut dengan menyerahkan Surat Bukti Penindakan kepada seorang anak buah kapal," ujarnya.

Penindakan yang dilaksanakan dalam rangka Operasi Gempur Bea Cukai ini, lanjut Broto, diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan pengusaha rokok dan menekan peredaran rokok yang tidak memenuhi ketentuan di bidang cukai. [*]

Komentar

Embed Widget
x