Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 02:23 WIB
 

Banyak Aset, Bos Mandiri Gampangkan Utang CDB

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 24 April 2018 | 09:03 WIB
Banyak Aset, Bos Mandiri Gampangkan Utang CDB
Direktur Utama PT Bank Mandiri Kartika Wiratmodjo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarya - Direktur Utama PT Bank Mandiri Kartika Wiratmodjo menyatakan mampu membayar bunga dan cicilan pokok atas pinjaman dari China Development Bank (CDB) sebesar US$1 miliar.

"(Bayar bunga dan pokok pinjaman CDB) Mei 2018 ngga ada masalah, dari sisi pinjaman kecil. Aset (Bank Mandiri) 1.100 triliun, gak mungkin gak terbayar," kata Kartika dalam Radap Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Kartika mengatakan pinjaman dari CDB tersebut telah dimanfaatkan secara maksimal oleh pihaknya. Diantaranya ialah untuk membiayai berbagai proyek infrastruktur. Dia menjelaskan komposisi pinjaman itu adalah 70% dalam mata uang dollar AS dan 30% dalam Renminbi Yuan.

"Jangka waktu pinjamannya lebih dari 10 tahun bisa untuk membiayai berbagai macam proyek infrastruktur, industri, oil and gas hingga pulp and paper," ujar dia.

Adapun tiga bank BUMN memang mendapatkan pinjaman dari China Development Bank sebesar US$ 3 miliar. Pinjaman dibagi kepada PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan Bank Mandiri dengan nilai yang sama, yakni US$ 1 miliar.

"Kami yakini pinjaman CDB akan bisa kami bayar sesuai skejule yang ada," kata dia. [hid]

Komentar

 
Embed Widget

x