Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 08:51 WIB

PLN Optimis Bisa Pertahankan TDL Sampai 2019

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 25 April 2018 | 07:03 WIB

Berita Terkait

PLN Optimis Bisa Pertahankan TDL Sampai 2019
Direktur Utama PLN, Sofyan Basir - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Meski harga batubara mengalami kenaikan, tapi Perusahaan Listrik Negara (PLN) tetap tidak akan menaikan harga tarif dasar listrik (TDL). Hal ini tentu sejalan dengan kebijakan pemerintah.

"Kalau (harga batu bara) tetap bertahan US$ 70 (per metrik ton) kami tetap bisa mempertahankan tarif (listrik)," kata Direktur Utama PLN, Sofyan Basir di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Sofyan mengatakan, selain harga batubara yang tinggi, pelemahan rupiah juga ikut pengaruhi bisnis PLN. Sebab, kata dia, beberapa bahan bakar yang dibeli PLN pakai dollar.

"Memang ada kurs yang lompat lompat, memang ada tekanan kepada kami, ya kami cari efisiensi lain, kuncinya bagaimana tetap sampai 2019. Kan kalau tarif naik pada bingung juga kan," ujar dia.

Efisiensi itu, tekan Sofyn, dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dia meminta pada masyarakat tidak lagi melakukan pencurian listrik. Sebab, pabila pencurian bisa ditekan, maka kata dia, setidaknya beban PLN dapat dikurangi.

Menurut dia, pencurian listrik yang dilakukan oleh masyarakat dan pelaku industri membuat kerugian di PLN yang nilainya mencapai puluhan triliun. "Tolong pencurian, bagi pengusaha, industri, perumahan, untuk tidak melakukan pencurian," kata dia menegaskan. [hid]

Komentar

x