Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 11:12 WIB

Proyek Strategis Nasional Sering Mentok Soal Lahan

Rabu, 25 April 2018 | 15:30 WIB

Berita Terkait

Proyek Strategis Nasional Sering Mentok Soal Lahan
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Isu utama yang dihadapi Proyek Strategis Nasional (PSN) didominasi persoalan perencanaan dan penyiapan serta pembebasan lahan.

"Isu yang dihadapi dalam penyediaan PSN sebagian besar meliputi isu perencanaan dan penyiapan proyek serta isu pembebasan lahan," kata Deputi bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Wahyu mengungkapkan, kajian yang dilakukan Kemenko Perekonomian menunjukkan, akhir 2017, sebanyak 33% isu utama dalam PSN berkaitan dengan perencanaan dan penyiapan proyek. Diikuti 26% adalah isu pembebasan lahan, yang pada akhir pada 2016 menjadi isu utama. Berbagai isu lainnya adalah pendanaan, perizinan, dan pelaksanaan konstruksi.

Menurut dia, untuk isu isu pengadaan tanah, pemerintah membentuk Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), satuan kerja di Kementerian Keuangan yang berfungsi memberikan layanan publik di bidang pengelolaan aset negara serta untuk memastikan ketersediaan dana pengadaan tanah.

Pemerintah, lanjutnya, juga telah melakukan sejumlah reformasi guna mendukung percepatan penyediaan infrastruktur, yaitu reformasi di bidang fiskal, institusi dan peraturan. Pemerintah mengajak LIPI untuk bersama-sama memikirkan bagaimana agar pembangunan infrastruktur di Indonesia bisa terus berjalan secara berkesinambungan ke depannya.

Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) memastikan sebanyak 13 proyek infrastruktur yang masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) akan selesai pada akhir 2018.

Sebanyak 13 proyek infrastruktur ini, akan mengikuti 20 proyek PSN yang telah selesai pada akhir 2016. Sebanyak 10 proyek PSN yang telah selesai pada akhir 2017. Dengan demikian, sebanyak 43 proyek yang sebelumnya masuk dalam daftar PSN, bisa rampung pada akhir 2018. Jumlah tersebut diperkirakan juga akan bertambah karena 25 proyek akan selesai pada akhir tahun 2019.

Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Agus Eko Nugroho berharap, di masa mendatang, bakal semakin banyak sosok seperti Thee Kian Wie yang concern dalam pengembangan perekonomian tanah air. [tar]

Komentar

x