Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 23:55 WIB
 

Pemerintah Jamin Bawang Putih Aman Hingga Lebaran

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 26 April 2018 | 09:55 WIB
Pemerintah Jamin Bawang Putih Aman Hingga Lebaran
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Indrasari Wisnu Wardhana, Direktur Impor Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri, mengakui, beberapa waktu lalu, terjadi keterlambatan impor bawang putih. Yang memicu kenaikan harga.

"Keterlambatan masuk bawang putih, disebabkan karena cuaca negara asal. Sehingga kapal terlambat," kata Wisnu saat rapat dengan Komisi IV DPR RI, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Namun, kata dia, saat ini sudah tak ada lagi keterlambatan seperti lalu-lalu. Dengan demikian, dia pastikan stok bawang putih pada lebaran aman. "Akhir-akhir ini sudah masuk sekitar 400-800 kontainer. Sehingga ketersediaan bawang putih sampai lebaran aman," ujar dia.

Dia mengatakan, mengenai harga eceran bawang putih, pihaknya sudah menetapkan harga. Harga bawang putih impor itu dijual maksimal Rp25 ribu di pasar rakyat.

"Dan Rp 30 ribu per kg di pasar modern, kenapa terjadi perbedaan karena di pasad modern biasanya sudah di kupas dan dikemas lebih baik dan diptong atasnya," papar dia.

Sementara, Direktur Holtikultura Kementerian Pertanian, Suwandi mengatakan hal serupa. Menurut dia, ketersediaan bawang putih aman sampai lebaran. "Ramadhan jadi dari Kemendag sudah menerbitkan SPI (Surat Persetujuan Impor) sekitar 26 importir perusahaan, bisa sampai bulan Juli. Jadi pasokannya aman sampai lebaran," kata dia.

Diketahui, harga bawang putih sempat melonjak. Harga bawang putih tertinggi di Pasar Rp 60 ribu per kilogram (kg). Terendah di Pasar Rp 30 ribu per kg, dan harga rata-rata di pasar wilayah Jakarta sebesar Rp 39.176 per kg. [ipe]

Komentar

 
x