Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 05:25 WIB

Disambangi DPR, Kilang Balikpapan Langsung Normal

Sabtu, 28 April 2018 | 03:29 WIB

Berita Terkait

Disambangi DPR, Kilang Balikpapan Langsung Normal
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eni Maulani Saragih mengatakan, Kilang Balikpapan, Kalimantan Timur telah beroperasi normal, pasca putusnya pipa minyak mentah ke kilang beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah, saya lihat tadi Kilang Balikpapan sudah beroperasi dengan baik walaupun operasinya masih belum 100 persen," kata Eni saat kunjungan kerja Komisi VII DPR ke Kilang Balikpapan, seperti disampaikan dalam rilis PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Kedatangan rombongan Komisi VII DPR ke Kilang Balikpapan ingin memastikan kilang beroperasi dengan baik. Legislator perlu tahu mengingat bahwa sebentar lagi memasuki Bulan Ramadan dan Lebaran. "Di mana, Kilang Balikpapan ini adalah pemasok BBM untuk Indonesia bagian tengah dan timur," kata politikus Partai Golkar itu.

Untuk menjaga produksi Kilang Balikpapan, kata Direktur Pengolahan Pertamina, Budi Santoso Syarif, saat ini, dilakukan pengalihan suplai minyak ke pipa lain yang juga berada di bawah perairan Teluk Balikpapan. Dengan demikian, minyak bisa tetap dikirim dari Terminal Lawe-lawe ke Kilang Balikpapan.

Di samping itu, Pertamina meningkatkan operasional kilang yang lain untuk menggantikan produksi Kilang Balikpapan yang belum 100%. Pemasangan pipa pengganti sudah dapat dilakukan karena pipa yang putus sudah dipotong dan pipa baru yang akan dipasang sudah siap. "Pipa baru ini juga akan menerapkan 'leak detection system' untuk mendeteksi kebocoran pipa," ujar Budi.

Pada aspek lingkungan, kata Budi, Pertamina sudah melakukan pembersihan sisa minyak di pesisir Teluk Balikpapan. "Sebagian besar daerah sudah bersih hanya beberapa wilayah hutan mangrove yang kini dihentikan karena ada imbauan dari Kementerian Lingkungan Hidup," kata Budi.

Terkait dengan dampak ke tengah masyarakat, menurut dia, Pertamina sudah memberikan bantuan dalam berbagai bentuk, seperti santunan dan alat-alat untuk nelayan. [tar]


Komentar

x