Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 November 2018 | 04:06 WIB

Ujian Pertama Buwas Jaga Harga Pangan Jelang Puasa

Oleh : M Fadil Djaelani | Sabtu, 28 April 2018 | 18:09 WIB

Berita Terkait

Ujian Pertama Buwas Jaga Harga Pangan Jelang Puasa
Budi Waseso - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pelaku usaha mendukung penuh Budi Waseso yang baru diangkat sebagai Kepala Bulog terutama dalam upaya Bulog menjamin ketersediaan pangan terutama beras bagi masyarakat dengan harga yang stabil.

Berbicara harga yang stabil, tentunya Budi Waseso akan mendapat ujian pertamanya menjadi bos Bulog di kala bulan Ramadhan atau puasa, bisakah Buwas panggilan akrabnya menjaga harga pangan tetap stabil dengan stok yang berlimpah?

Pelaku Usaha Pangan dan Pertanian Nur Iswan pesimistis akan hal tersebut, menurutnya fenomena harga pangan yang melambung jelang bulan puasa sudah menjadi rutinitas secara psikologis.

"Itu (harga pangan) tidak bisa dikontrol (karena) mereka (sebagian) menjadi pedagang musiman," jelas Nur Iswan dalam sebuah diskusi di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/4/2018).

Dalam hal ini, kata Nur Iswan, harga apapun pasti naik menjelang lebaran. Namun, untuk menghadapinya pemerintah sebaiknya tidak mencari siapa yang salah dan siapa yang benar. Melainkan harus memastikan keberadaan stok dan jumlah produksi.

"Kami hanya ingin berdagang dengan tenang dan nyaman, jangan salahkan pedagang kalau harga naik, seolah-olah kami kambing hitam," katanya.

Menurutnya, selama ini ada pemahaman kalau pengusaha sapi bakalan menahan stoknya padahal dalam bisnis sapi bakalan pengusaha butuh waktu selama empat bulan untuk penggemukan.

Dari sisi beras dulu pengoplosan beras dinilai negatif. Padahal di dunia perberasan pencampuran jenis atau blended adalah hal biasa jika masih jenis yang sama. Dia mengatakan bicara mengenai pangan adalah perihal soal perut masyarakat. Sehingga setiap ada peristiwa yang terjadi tidak mudah untuk menyalahkan pemerintah, pelaku usaha dan penegak hukum. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x