Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 02:39 WIB
 

Proyek Infrastruktur Butuh Rp14,5 T dari Swasta

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 30 April 2018 | 14:01 WIB
Proyek Infrastruktur Butuh Rp14,5 T dari Swasta
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah akan mengharapkan dana Rp14,5 triliun dari swasta untuk membangun infrastruktur di tahun 2019.

Keterlibatan swasta dan BUMN sebagai sumber pendanaan melalui berbagai skema, baik Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) maupun melalui skema Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA).

"Dalam rancangan awal RKP 2019, telah direncanakan pembangunan infrastruktur yang akan didanai melalui skema KPBU sebesar Rp14,5 triliun serta target pembiayaan investasi yang difasilitasi melalui skema PINA sebesar Rp41,1 triliun," kata dalam acara Musrenbangnas di Jakarta, Senin (30/4/2018).

Hal ini sebagai jalan penting supaya proyek pembangunan infrastruktur dapat berjalan tanpa mengandalkan 100% dari dana dari APBN.

Bambang bilang saat ini pemerintah memiliki beragam cara sumber pembiayaan untuk memenuhi anggaran pembangunan. "Dalam rangka mencapai sasaran pembangunan nasional, diperlukan sinergi dan integrasi sumber-sumber pembiayaan baik yang bersumber dari APBN, pinjaman atau hibah luar dan atau dalam negeri, serta sumber pembiayaan yang bersumber dari swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," kata Bambang. [hid]

Komentar

 
x