Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 17:17 WIB

Jokowi Ungkap Ekonomi RI Kalah dari Tetangga

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 30 April 2018 | 14:40 WIB
Jokowi Ungkap Ekonomi RI Kalah dari Tetangga
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, bahwa ekspor dan investasi Indonesia sudah kalah dengan negara tetangga. Untuk itu instansi pemerintah harus membuat lompatan dan terobosan.

"Kita ini terlalu sibuk dengan urusan-urusan yang sepele tidak berguna yang tidak cepat menanggapi perkembangan teknologi, perkembangan investasi, peluang-peluang pasar yang sekarang ini juga semakin sengit," kata Jokowi dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Kata Jokowi Indonesia sebagai negara besar, sudah kalah dengan Malaysia, sudah kalah dengan Thailand, sudah kalah dengan Vietnam karena mereka lari cepat.

"Bisa nanti kita kalah dengan Laos, bisa kita kalah dari Kamboja kalau kita terjebak terus pada rutinitas, tidak berani melakukan lompatan-lompatan," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Dalam kesempatan itu, menurut Jokowi, kalau mau ada yang mau berinvestasi, buka lebar-lebar. "Apalagi orientasinya ekspor, sudah. Jangan justru izinnya diruwet-ruwetkan, lama-lamain, ditinggal betul kita," tutur Presiden.

Presiden meminta seluruh aparat pemerintah agar jangan terjebak dengan rutinitas."Prosedur kita ruwet dan njelimet. Rantai birokrasi kita juga sama, bertele-tele, rantai perizinan kita sangat lama, diskusi yang bertele-tele, saling berdebat enggak rampung-rampung, sehingga yang terjadi adalah ruwet dan njelimet," katanya. [hid]

Komentar

Embed Widget

x