Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 22:48 WIB

Kementan Targetkan Tanam Bawang Putih 1.300 Hektar

Senin, 30 April 2018 | 15:20 WIB

Berita Terkait

Kementan Targetkan Tanam Bawang Putih 1.300 Hektar
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Pontianak - Hingga Mei 2018, Kementerian Pertanian menargetkan luas areal tanam bawang putih yang sudah tanam dan panen, bisa mencapai 1.300-an hektar di seluruh Indonesia.

"Jadi target kita bakal swasembada atau ekspor bawang putih pada 2021, diharapkan dapat tercapai," kata Direktur Budidaya Tanaman Sayur dan Tanaman Obat Kementan, Prihasto Setyanto di sela kunjungan Komisi IV DPR ke Pontianak, Senin (30/4/2018).

Ia melanjutkan, Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, dikenal sebagai negara pengimpor sejumlah komoditas sayuran dan hortikultura.

Namun, kata dia, Indonesia juga sudah mengekspor sejumlah komoditas yang sebelumnya diimpor seperti bawang merah hingga ribuan ton ke berbagai negara seperti Thailand, Singapura, Srilanka, Timor Leste, Malaysia dan Vietnam.

Pemerintah, kata dia, sudah menerbitkan aturan agar importir bawang putih, wajib menanam di dalam negeri. Kuotanya, minimal 5% dari jumlah bawang putih yang diimpornya. "Di Indonesia, areal yang sangat cocok untuk menanam bawang putih sangat luas. Jadi untuk lahan, kita tidak perlu khawatir," ujar Prihasto.

Sedangkan untuk bibit bawang putih, Priharso bilang, bisa menggunakan varietas lokal. Kalaupun tidak mencukupi, bisa memanfaaykan benih impor khususnya dari Taiwan. Karena, berdasarkan hasil analisa dan uji cocok dengan varietas lokal dan jika ditanam di Indonesia bisa tumbuh.

Produksi bawang putih seperti di Temanggung, kata Prihasto, cukup tinggi. Yakni di kisaran 8 ton hingga 11 ton per hektar. Bahkan, hasilnya bisa lebih tinggi dari rata-rata nasional. Saat ini, kebutuhan bawang putih di dalam negeri diperkirakan 500 ribu ton per tahun. [tar]

Komentar

x