Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 23:56 WIB
 

Libur Lebaran, Pemerintah Hitung Untung-Rugi

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 30 April 2018 | 16:40 WIB
Libur Lebaran, Pemerintah Hitung Untung-Rugi
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah belum memutuskan apakah tetap menambah libur hari raya Idul Fitri 1439 H atau tidak. Pemerintah saat ini masih melakukan pembahasan mengenai hal ini.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur mengatakan saat ini pemerintah masih pertimbangkan untung-rugi mengenai penambahan hari libur. Khususnya pada bidang ekonomi.

"Belum, belum ada keputusan, tadi hanya rapat tentang mendiskusikan bersama Pak Menko Ekonomi juga mengenai dampak ekonomi. Jadi hanya mendiskusikan (soal libur hari raya)," kata Asam di Gedung Kementerian PMK, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Dengan demikian, dia belum bisa memastikan jumlah libur lebaran kali ini. Pilihannya akan kembali lagi ke awal, atau ada penambahan sesuai dengan keputusan baru. Yakni, sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga kementerian.

"Belum, belum ada keputusan jadi hanya baru diskusi, diskusi tentang dampak ekonomi dengan panambahan cuti bersama 3 hari," ujar dia.

Asman mengatakan rapat evaluasi ini dilakukan karena ada protes dari beberapa pihak terkait penambahan libur kebaran 1439 H. Namun, dia berjanji dalam waktu dekat ini pemerintah akan memutuskan hal ini. "Nanti akan ada rapat koordinasi lagi," ujar dia.

Sebelumnya Pemerintah resmi menambah libur nasional di Hari Raya Idul Fitri 1439 H selama tiga hari. Keputusan ini diambil setelah Surat Keputusan Bersama (SKB) ditandatangani tiga menteri.

Adapun tiga menteri yang meneken SKB itu adalah, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakiti, Menteri PAN RB Asman Abnur, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifufin di Gedung Kementerian PMK, Jakarta, Rabu (18/4/2018). Penekenan SKB disaksikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Menhub Budi Karya Sumadi.

Isinya pemerintah akan menambah cuti bersama tanggal 11 dan 12 (Juni 2018) dan sesudah lebaran Idul Fitri tanggal 20 juni 2018.

Padahal sebelum ada keputusan ini, libur nasioal hari raya lebaran yang diperkirakan jatuh pada tanggal 15 dan 16 Juni 2018. Untuk libur lebaran atau cuti bersama sejak tanggal 13-19 Juni 2018.

Sejak adanya SKB ini libur nasional sejak tanggal 11-20 Juni 2018. Dengan demikian libur lebaran pada 2018 sejumlah 10 hari.

Puan mengatakan, keputusan ini diambil karena ada pertimbangan untuk mengurai kemacetan lalu lintas di hari raya. Dengan adanya penambahan libur ini diharapkan kemacetan bisa terurai.[hid]

Komentar

 
x