Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 04:42 WIB

33 Proyek Pelabuhan Mangkrak, Menanti Janji Budi

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 1 Mei 2018 | 01:29 WIB
33 Proyek Pelabuhan Mangkrak, Menanti Janji Budi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dalam waktu dekat kementerian perhubungan (kemenhub) bakal menyisir 33 proyek pelabuhan mangkrak.

Kata Budi, ke-33 pelabuhan tersebut, sejatinya tidak semuanya belum selesai dibangun. Sebagian ada yang sudah rampung namun belum dioperasikan sampai saat ini. Ke depan, perbaikan pelabuhan itu pun akan dilakukan.

"Memang pelabuhan-pelabuhan yang sudah lama dibangun dari klarifikasi itu kami temukan sejumlah pelabuhan, katakan 13 itu dan dari klarifikasi itu juga kami bisa pastikan paling tidak ada 13 yang segera dilakukan," kata Budi di Kementerian PMK, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Dia mengaku, tidak tahu terkait perencanaan pelabuhan yang pada akhirnya mubadzir karena tidak bisa dipakai. Yang jelas, pemerintah berkomitmen untuk memperbaikinya.

"Dulu memang engga tahu rencananya seperti apa, yang jelas banyak atau ada salah satu yang mengakibatkan dia itu tidak bisa difungsikan, ada yang trafiknya, ada yang jalannya tidak ada," ujar dia.

Ke depan, janji Budi, kemenhub akan melakukan identifikasi berkaitan permasalahan yang ada di pelabuhan itu. "Jadi kalau enggak ada akses jalan, nah itu jalan negara atau jalan provinsi, kalau jalan provinsi kami minta provinsi membangun, karena kami engga mungkin membangun jalan yang porsinya daerah," kata Budi.

Sebelumnya, Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo, memberi rekomendasi kepada Menteri Budi Karya Sumadi atas hasil inspeksi yang dilakukan. Hasilnya, ya itu tadi, terdapat 33 proyek pelabuhan mangkrak.

Data Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kementerian Perhubungan mencatat, proyek-proyek pelabuhan itu berada di 14 provinsi dan mulai dilelang pada 2012. Semua proyek itu menelan biaya sedikitnya Rp 1,66 triliun, termasuk rencana lanjutan dua tahun terakhir.

Sebanyak 33 proyek yang ditemukan mangkrak di antaranya di Sumatera Barat, Tiram, Teluk Tapang, Barus, Tanjung Beringin, Pangkalan Dodek; Kepulauan Seribu, Tanjung Berakit, Malarko, Dompak, Mocoh, Kalimantan Barat, Mempawah; dan Kalimantan Tengah Batanjung. [ipe]

Komentar

x