Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 02:30 WIB
 

Permudah Mudikers, Budi Oke Tambah Libur Lebaran

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 1 Mei 2018 | 03:09 WIB
Permudah Mudikers, Budi Oke Tambah Libur Lebaran
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penambahan libur selama Lebaran 1439 H, mempermudah pengaturan lalu lintas pada pemudik (mudikers).

"Kalau kemenhub memang melihat kalau ada libur di awal itu akan memperbaiki atau lebih gampang me manage arus lalu lintas pulang mudik," kata Budi seusai Rapat Koordinasi di Kementerian PMK, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Dipertegas apakah lalu lintas pada saat lebaran lebih baik. Budi Karya mengamini. "Kalau dari kemenhub demikian," ujar dia.

Mengenai evaluasi libur lebaran apakah akan tetap ditambah atau tidak. "Belum final. Ini kan diminta pertimbangan-pertimbangan. Kami nanti akan bahas lebih lanjut," ujar dia.


Sebelumnya Pemerintah resmi menambah libur nasional di Hari Raya Idul Fitri 1439 H selama tiga hari. Keputusan ini diambil setelah Surat Keputusan Bersama (SKB) ditandatangani tiga menteri.

Adapun tiga menteri yang meneken SKB itu adalah, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakiti, Menteri PAN RB Asman Abnit, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifufin. Penekenan SKB disaksikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Menhub Budi Karya Sumadi.

"Pada kesempatan ini pemerintah akan menambah cuti bersama tanggal 11 dan 12 (Juni 2018) dan sesudah lebaran Idul Fitri tanggal 20 juni 2018," kata Puan saat jumpa pers di Gedung Kementerian PMK, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Adapun sebelum ada keputusan ini, libur nasioal hari raya lebaran yang diperkirakan jatuh pada tanggal 15 dan 16 Juni 2018, libur lebaran atau cuti bersama sejak tanggal 13-19 Juni 2018. Sejak adanya SKB ini libur nasional sejak tanggal 11-20 Juni 2018. Dengan demikian libur lebaran pada 2018 sejumlah 10 hari.

Puan mengatakan, keputusan ini diambil karena ada pertimbangan untuk mengurai kemacetan lalu lintas di hari raya. Dengan adanya penambahan libur ini diharapkan kemacetan bisa terurai."Salah satu pertimbangan kenapa ditambah cuti bersama yaitu untuk mengurai lalu lintas arus sebelum dan sesuadah mudik," ujar dia.

Dengan adanya keputusan ini, dia berharap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik. "Dan kami harapkan cukup waktu bagi masyarakat bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan keluarga di luar kota," ujar dia. [ipe]

Komentar

 
x