Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 05:57 WIB

Rekaman Rini & Sofyan, Momentum Ganti Menteri BUMN

Kamis, 3 Mei 2018 | 19:18 WIB

Berita Terkait

Rekaman Rini & Sofyan, Momentum Ganti Menteri BUMN
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Rekaman percakapan Menteri BUMN Rini Soemarno dengan Dirut PLN Sofyan Basir jelas mengganggu krebilitas Presiden Joko Widodo. Apalagi kalau benar ada bagi-bagi fee dalam proyek LNG Banten.

"Misalnya, Presiden Jokowi tidak mengklarifikasi, ini akan jadi bom waktu untuk pemerintah," kata peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Adnan Topan Husodo di Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Adnan memaparkan, citra Menteri BUMN kini, semakin tercoreng dengan munculnya rekaman ini. Hubungan kelembagaan dengan DPR, sudah macet sejak dua tahun ini, Masalah ini seharusnya menjadi perhatian bagi pemerintahan Joko Widodo.

Karena itu, lanjut Adnan, sudah waktunya Presiden Jokowi melakukan evaluasi terhadap kinerja Rini Soemarno agar isu bisa segera mereda. "Ini merupakan ujian bagi pemerintah, bagaimana pemerintah mendesain sebuah BUMN yang sehat," ungkapnya.

Selain bakal berdampak buruk secara politik, lanjut Adnan, kasus rekaman ini dikhawatirkan menggerus tingkat kepercayaan investor yang saat ini gencar dibangun pemerintahan Jokowi. Jangan sampai, iklim investasi di Indonesia yang sudah mulai kondusif, menjadi berantakan hanya karena masalah ini.

Terkait perombakan direksi PT Pertamina (Persero) yang diduga sarat kepentingan, perlu menjadi catatan bagi pemerintah.
"Saya kira akan muncul banyak sekali hipotesis liar bahwa BUMN adalah sapi perahan. Kalau pengambilan keputusannya itu di ruang yang gelap maka investornya akan kabur," ungkap Adnan. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x