Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 13:32 WIB

Ini Cara BPJT Bisa Manjakan Pengguna Jalan Tol

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 4 Mei 2018 | 13:52 WIB

Berita Terkait

Ini Cara BPJT Bisa Manjakan Pengguna Jalan Tol
Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJL) Herry Trisaputra Zuna mengutarakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) akan mempermudah penerapan sistem pembayaran tol tanpa berhenti atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Dengan sistem ini pengguna jalan tol tidak lagi berhenti di gerbang tol menyentuhkan kartu tol-nya pada mesin transaksi.

Herry TZ mengatakan semula MLFF ditargetkan bisa diterapkan pada akhir 2018. Namun akan baru bisa dilaksanakan pada triwulan pertama tahun 2019. Alasannya karena saat ini masih dilakukan persiapan lelang terhadap teknologi dan peralatan MLFF.

"Ini lelang semua, termasuk teknologi yang dipilih, alat yang harus dibangun, diimplementasikan dan sistem, termasuk bagaimana proses registrasi. Jadi seperti telepon selular, semua yang mau menggunakan harus registrasi dulu," kata Herry seperti mengutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Jumat (4/5/2018).

Meski demikian, ia memastikan, pemerintah akan menggunakan teknologi dengan biaya investasi yang efisien sehingga masyarakat dapat mengakses dengan harga terjangkau," tuntas Herry.

Untuk pembayaran tol, Herry mengatakan teknologi yang digunakan negara-negara lain beragam seperti RFID (Radio Frequency Identification), DSRC (Dedicated Short Range Communication) dan GNSS (Global Navigation Satelite System).

"Semua teknologi tersebut handal, namun mana yang paling handal namun harganya terjangkau. Mana yang bisa menjawab kebutuhan MLFF yang paling efisien. Yang kita utamakan adalah pengguna," kata Herry.


Komentar

x