Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 09:07 WIB

Buwas: Tak Ada Paceklik, RI kok Impor Beras?

Senin, 7 Mei 2018 | 07:09 WIB

Berita Terkait

Buwas: Tak Ada Paceklik, RI kok Impor Beras?
Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Bantul - Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, menegaskan bahwa upaya peningkatan kualitas beras adalah mutlak. Agar Indonesia bisa mewujudkan ketahanan ketahanan pangan.

"Ke depan, kalau kita bangun dengan bibit bagus, dengan pertanian bagus, dengan hasil yang maksimal, maka Indonesia harusnya tidak perlu impor," kata Buwas usai menghadiri Serap Gabah di Kebon Agung Kabupaten Bantul, Jawa Tengah, Sabtu (5/5/2018).

Buwas, sapaan akrabnya, menegaskan, Indonesia seharusnya tidak perlu impor beras. Apabila sudah berhasil mewujudkan swasembada pangan. Impor beras diperlukan ketika Indonesia mengalami masa paceklik. Mengingat kebutuhan yang memang besar.

Saat ini, kata Buwas, Indonesia tetap bisa melakukan swasembada dengan peningkatan kualitas pertanian, khususnya beras. Perum Bulog, kini tengah memetakan sindikat-sindikat beras yang kerap menghalangi tujuan tersebut.

Terlebih, Satgas Pangan baik dari Kementerian Pertanian maupun Kementerian Perdagangan sudah berjalan. Sehingga, diharapkan satgas-satgas itulah yang turut membantu memetakan untuk selanjutnya memberantas sindikat-sindikat beras."Sedang dipetakan semua, artinya gini, masa sih negara kalah sama mafia' Kan enggak boleh," ujar Buwas. [tar]

Komentar

x