Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 03:30 WIB

Amran: Alsintan Harus Dimanfaatkan Jangan Nganggur

Selasa, 8 Mei 2018 | 01:29 WIB

Berita Terkait

Amran: Alsintan Harus Dimanfaatkan Jangan Nganggur
Menteri Pertanian Amran Sulaiman - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Magetan - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menegaskan, bantuan alat mesin pertanian (alsintan) harus dioptimalkan penggunaannya, jangan sampai menganggur.

Dalam kunjungannya ke Desa Campur Sari, Kecamatan Sidorejo, Magetan, Jawa Timur, Senin (7/5/2018), Amran menyebutkan, terdapat 287 unit alsintan yang dibagikan.

Alsintan tersebut, menurut Mentan, harus dioptimalkan untuk mengolah lahan setidaknya selama 10 jam kerja. "Alsintan tidak boleh dikuasai satu kelompok tani. Kelompok selesai mengolah, alatnya nganggur itu tidak boleh. Harus dimanfaatkan petani. Kami temukan beberapa alat setelah dipakai disimpan. Aset ini punya pemerintah, tidak boleh disimpan di rumah," kata Amran.

Ia menjelaskan, Kementan sudah menerapkan sistem brigade alsintan, yakni satu desa diberikan tiga unit alat. Seluruh petani harus bisa merasakan manfaat pemberian bantuan alsintan, apalagi biaya sewanya hanya Rp1 juta per hektar, dibandingkan dengan perusahaan swasta sebesar Rp2 juta per hektar.

Selain itu, Mentan menegaskan akan menarik dan memindahkan alsintan jika ada kelompok tani yang tidak memanfaatkannya. "Kalau ada satgas kami menemukan alat pertanian atau kelompok tani dimana saja seluruh Indonesia yang tidak dioptimalkan, tidak dimanfaatkan, pada hari itu juga kami pindahkan ke kelompok tani yang membutuhkan," kata dia lagi.

Terkait bantuan alsintan yang tidak sesuai, Mentan mengaku hanya mengirim bantuan sesuai yang diusulkan pemerintah daerah. Saat ini, sedikitnya 1.500 unit alsintan yang ditarik dan dipindahkan sesuai lokasi pertanian yang membutuhkan. "Yang mengusulkan kan daerah, kami hanya mengirim sesuai permintaan. Kami sudah pindahkan 1.500 unit karena tidak sesuai dengan lokasinya. Itu hanya seribu dari 300.000 alsintan yang kami berikan, jadi sangat kecil," kata Amran.[tar]

Komentar

Embed Widget
x