Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 06:01 WIB

Di Temanggung, Airlangga Bagi-bagi Mesin Kopi

Selasa, 8 Mei 2018 | 13:15 WIB

Berita Terkait

Di Temanggung, Airlangga Bagi-bagi Mesin Kopi
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Temanggung - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan bantuan mesin pengolah kopi di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Ada pula bantuan berupa mesin pengolahan tepung, dan mesin rajangan tembakau.

"Bantuan tersebut diharapkan dapat menunjang kualitas pengolahan kopi dalam tiap rantai nilainya, sehingga kopi Temanggung dapat berkembang dan mendapatkan nama di dunia internasional," kata Airlangga di Temanggung, Selasa (8/5/2018).

Airlangga mengatakan, didorong oleh pertumbuhan kelas menengah dan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia, kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri mengalami peningkatan yang signifikan. Sumbangan pemasukan devisa dari ekspor produk kopi olahan pada 2017 mencapai US$469,4 juta, atau meningkat 10% dari 2016.

Airlangga mengatakan, ekspor produk kopi olahan didominasi produk kopi instan, ekstrak, esens dan konsentrat kopi yang tersebar ke negara tujuan, utamanya di ASEAN, Iran, dan Uni Emirat Arab.

Sedangkan nilai impor produk kopi olahan pada 2017 mencapai US$106,4 juta, atau naik 35% dari 2016. Negara asal impor terbesar adalah Brazil, India, Vietnam, Malaysia, Amerika Serikat, dan Singapura. Dengan kondisi seperti ini, neraca perdagangan produk kopi olahan masih surplus US$363 juta.

"Dalam rangka meningkatkan kinerja industri serta menghadapi globalisasi perdagangan dan pasar bebas, upaya peningkatan daya saing industri harus terus dilakukan," ujar Airlangga.

Upaya tersebut antara lain melalui penggunaan teknologi proses yang efisien dan inovatif, peningkatan kualitas produk dengan penerapan sistem manajemen mutu dan keamanan pangan, dan pengembangan diversifikasi produk menyesuaikan dengan permintaan pasar.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Airlangga menyempatkan diri untuk memanen biji kopi di sebuah kebun kopi milik warga setempat yang berlokasi di kaki Gunung Sumbing. [tar]

Komentar

x