Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 28 Mei 2018 | 02:33 WIB
 

Rupiah Ambruk Dorong Inflasi, Sri Mulyani Ngeri

Oleh : - | Rabu, 9 Mei 2018 | 05:09 WIB
Rupiah Ambruk Dorong Inflasi, Sri Mulyani Ngeri
Menteri Keuangan Sri Mulyani - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani terkesan ngeri dengan tren pelemahan nilai tukar rupiah terhadap US$. Dampaknya harga barang impor naik (imported inflation).

"Banyak sekali impor itu sudah dilakukan pada tahun lalu sampai dengan kuartal pertama (tahun) ini," kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa malam (8/5/2018).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu, menyoroti pertumbuhan impor sebesar 12,75% dalam PDB triwulan I-2018 dibandingkan periode yang sama di 2017 (year on year).

"Kalau dilihat dari GDP kuartal I, impor kita tumbuh 12 persen. Itu bagaimana kaitannya terhadap inflasi harus kita jaga bersama-sama dengan BI," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menginginkan agar dinamika perekonomian terus dipantau. Terutama faktor kebijakan negara lain yang berimplikasi terhadap nilai tukar rupiah, maupun perekonomian nasional. "Dinamika yang sekarang terjadi harus bisa dijaga untuk bisa memberikan nilai positif," kata dia.

Meski begitu, Sri Mulyani berpendapat, depresiasi rupiah bisa bermakna berkah untuk APBN, karena penerimaan naik dari ekspor komoditas yang dinilai dengan US$. "Namun kita juga tahu bahwa ada juga kewajiban. Dan, semuanya kami lihat bahwa defisit fiskal mungkin akan tetap terjaga di 2,19 persen dari GDP. Atau bahkan bisa lebih rendah," kata Sri Mulyani. [tar]

Komentar

 
x