Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 04:45 WIB

Nasib Suku Bunga Acuan Ditentukan Pertengahan Mei

Oleh : - | Rabu, 9 Mei 2018 | 07:09 WIB
Nasib Suku Bunga Acuan Ditentukan Pertengahan Mei
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara

INILAHCOM, Jakarta - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara bilang, kenaikan suku bunga acuan dilakukan berdasarkan data perekonomian terkini.

"Kalau data-data menyebutkan diperlukan kenaikan suku bunga, kita juga harus melakukan 'adjustment'," kata Mirza di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (7/5/2018).

Mirza menambahkan, penyesuaian suku bunga acuan maupun stance kebijakan moneter yang menjadi wewenang bank sentral, selalu mengacu kepada data inflasi, ekspor-impor, neraca pembayaran, serta arus modal dunia.

Selain itu, kata dia, kenaikan suku bunga acuan mempertimbangkan tren kenaikan suku bunga acuan di negara-negara maju, maupun berkembang seperti AS, Malaysia, Korea maupun Australia.

Hal-hal yang menjadi pertimbangan bank sentral untuk menyesuaikan suku bunga acuan, menurut Mirza, baru akan diputuskan pada Rapat Dewan Gubernur bulanan pada pertengahan Mei 2018.

Sebelumnya, pengamat ekonomi Tony Prasetiantono mengatakan, kenaikan suku bunga acuan bisa menjadi upaya jangka pendek bagi BI untuk menekan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap US$. "Jangan alergi dengan menaikkan suku bunga karena ini bagian dari taktik jangka pendek," kata Tony.

Tony mengatakan, kenaikan suku bunga acuan yang saat ini berada di level 4,25%, bisa menjadi alternatif bagi BI untuk menjaga fluktuasi kurs rupiah, agar tidak sepenuhnya bergantung kepada operasi moneter yang menggerus cadangan devisa (cadev). "Kalau naik setidaknya 25 basis poin, mudah-mudahan rupiah masih terselamatkan," kata pengajar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) ini. [tar]

Komentar

x