Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 09:18 WIB

KKP Perjuangkan Pajak Ekspor Perikanan UE Bisa 0%

Rabu, 9 Mei 2018 | 10:58 WIB

Berita Terkait

KKP Perjuangkan Pajak Ekspor Perikanan UE Bisa 0%
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Manado - Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) mengupayakan pajak ekspor khususnya komoditas perikanan ke negara-negara Uni Eropa (UE), bisa nol persen. Agar bisnis sektor ini di tanah air bisa lari cepat.

"Saat ini masih sementara melakukan negosiasi dengan pihak Uni Eropa," kata Kepala Sub Direktorat Pemetaan dan Akses Pasar Luar Negeri Direktorat Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Jaya wijaya di Manado, Sulawesi Utara, Rabu (9/5/2018).

Jaya mengatakan, KKP terus berupaya melakukan negosiasi agar produk perikanan yang nantinya diekspor ke Uni Eropa, tidak dikenakan pajak saat ini cukup tinggi. "Kami menargetkan tahun 2018 ini, pengekspor khusus perikanan ke Uni Eropa tidak akan dikenakan pajak lagi," jelas Jaya.

Saat ini, kata Jaya, Uni Eropa mengenakan pajak ekspor produk perikanan sebesar 20% hingga 24%. Aturan ini dirasa cukup memberatkan pelaku usaha perikanan di tanah air.

Dirinya berharap, Uni Erope bisa menerima usulan pajak ekspor nol persen dari pemerintah Indonesia. Apalagi produk perikanan memiliki daya saing tinggi. Dicontohkan, ekspor produk perikanan dari Filipina ke Uni Eropa, tidak dikenakan biaya pajak yang tinggi, seperti Indonesia.

Sejumlah perusahaan pengalengan ikan di Kota Bitung, Provinsi Sulut juga mengeluhkan hal yang sama soal rencana ekspansi ke Uni Eropa tapi terkendala dengan biaya pajak yang tinggi.

"Kami ingin melakukan ekspansi ke Uni Eropa namun masih terkendala dengan biaya pajak yang dikenakan hingga 20 persen, padahal kualitas produk sangat berdaya saing," kata General Manager PT Samudra mandiri, Sentosa Sigit Saptono.

Kalangan pengusaha, kata Sentosa sangat berharap adanya kebijakan dari pemerintah untuk diberi kemudahan ekspansi bisnis ke Uni Eropa. [tar]

Komentar

x