Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Juni 2018 | 15:14 WIB
 

Dirjen Migas Klaim Bisa Atasi Trader Bertingkat

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 10 Mei 2018 | 00:15 WIB
Dirjen Migas Klaim Bisa Atasi Trader Bertingkat

INILAHCOM, Jakarta - Dirjen Migas Kementerian ESDM, Djoko Siswanto mengatakan trader bertingkat telah dihapus.

"Permasalahan trader bertingkat sudah tidak ada lagi, sudah tidak ada lagi," kata Djoko di Gedung ESDM, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Penghapusan treder bertingkat ini membuat penentuan harga gas bumi melalui pipa kini dikontrol pemerintah, bukan badan usaha seperti sebelumnya. Hal ini sesuai yang tertuang dalam peraturan yang ada.

Kemudian, kata dia, aturan itu juga membatasi margin trader. Dalam aturan itu, biaya niaga paling besar 7% dari harga gas bumi. "Pokoknya kebijaknya sudah setuju semua," kata dia.

Selain itu, aturan juga membatasi tingkat pengembalian investasi (Internal Rate of Return/IRR) paling besar 11% dalam mata uang dolar Amerika Serikat (US$).

KESDM menghilangkan masaah tersebut dengan kebijakan margin sesuai Permen ESDM 58 tahun 2017. Dalam Permen itu, margin trader gas dibatasi menjadi 7%, tetapi dalam ketentuan peralihan, peraturan itu baru berlaku 18 bulan sejak aturan itu diterbitkan. Jadi, masih ada sekitar setahun lebih lagi penerapan pembatasan margin itu mulai berlaku penuh. [hid]

Komentar

 
x