Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 23:59 WIB
 

Jelang Ramadan

Harga Daging Sapi dan Kerbau Bakal Naik Rp10 Ribu

Oleh : - | Sabtu, 12 Mei 2018 | 15:29 WIB
Harga Daging Sapi dan Kerbau Bakal Naik Rp10 Ribu
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Mukomuko - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menyatakan, menjelang puasa Ramadan, harga daging sapi dan kerbau diperkirakan bakal naik paling tinggi, yakni sebesar Rp10.000 per kilogram.

"Menjelang bulan harga daging sapi dan kerbau tetap naik, tetapi kenaikannya tidak terlalu tinggi," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman di Mukomuko, Bengkulu, Jumat (11/5/2018).

Menurut Warsiman, harga daging sapi naik dari Rp120.000 menjadi Rp130.000 per kilogram. Sementara harga daging kerbau naik dari Rp130.000 menjadi Rp140.000 per kilogram.

Diperkirakan, harga daging sapi dan kerbau mengalami kenaikan sebesar Rp10.000 per kilogram, berdasarkan hasil koordinasi dengan pedagang yang rutin menjual daging sapi dan kerbau menjelang bulan puasa.

Kenaikan harga daging sapi dan kerbau sebesar Rp10.000 per kilogram menjelang Bulan Puasa dan Idulfitri, lanjut Warsiman, merupakan sesuatu yang wajar asalkan kenaikannya tidak terus menerus.

Harga daging sapi dan kerbau kembali turun setelah permintaan akan daging tersebut dari masyarakat berkurang. "Harga daging sapi dan kerbau naik menjelang bulan puasa karena permintaan akan daging tersebut tinggi, sehingga pedagang menaikkan harga jual daging tersebut," ujar Warsiman.

Warsiman mengatakan, kenaikan harga daging sapi dan kerbau itu, hanya untuk masyarakat umum. Pedagang menjual daging sapi di bawah harga standar kepada para pelanggannya, seperti usaha bakso dan rumah makan. Terhadap pemilik usaha ini, pedagang memberikan potongan harga daging sapi menjadi Rp115.000 per kilogram. [tar]


Komentar

 
x