Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 06:04 WIB

Jelang Ramadan, BI: Sembako di Bantul Mahal Sekali

Sabtu, 12 Mei 2018 | 18:09 WIB

Berita Terkait

Jelang Ramadan, BI: Sembako di Bantul Mahal Sekali
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Bantul - Kepala Bank Indonesia (BI) DI Yogyakarta, Budi Hanoto mengatakan, harga sembilan bahan pokok (sembako) di pasar tradisional Kabupaten Bantul, menjelang Ramadan, melonjak.

"Tadi sudah saya sampaikan bahwa dari 32 komoditi yang kita pantau, 13 komoditi harganya turun, sembilan komoditas harganya naik, dan sisanya stabil," kata Budi usai memantau harga dan stok bahan pokok di Pasar Bantul, Jumat (11/5/2018).

Pantauan harga dan stok pangan yang dilakukan bersama Tim Pengendali Infalsi Daerah (TPID) DIY di Pasar Bantul itu sebagai bentuk upaya stabilisasi harga bahan pokok dan stok bahan pokok stratetgis menjelang Ramadan 1439 Hijriah.

Menurut Budi, dari sembilan komoditas pokok pangan yang harganya naik di antaranya daging ayam, daging sapi, dan telur, namun kenaikan harga tidak signifikan atau selisih harga dengan sebelum kenaikan tidak tinggi.

"Yang naik itu ada beberapa seperti daging ayam, daging sapi, telur sedikit naik, tapi sebagian ada yang turun, tetapi rata-rata naik namun masih dalam tahap wajar, dan bawang merah sedikit naik," kata Budi.

Budi mengatakan, kenaikan harga komoditas pangan di pasar tradisionall ini disebabkan beberapa faktor, namun pihaknya menilai lebih pada pasokannya yang agak terhambat, sementara permintaan konsumen tetap, bahkan naik.

"Saya menduga karena mungkin masalah pasokannya saja yang agak sedikit terhambat, tapi tadi rata-rata jawaban pedagang saat saya wawancarai mudah memperoleh pasokan, tapi permintaannya sedikit naik," kata Budi.

Selain itu, menurut dia, kenaikan harga sebagian bahan pangan ini karena bertepatan dengan libur panjang akhir pekan, bahkan tidak lama lagi juga akan memasuki libur panjang sekolah menjelang bulan puasa.

"Memang kalau Ramadhan seperti itu tipikalnya (harganya naik), ketika saya wawancarai semua rata-rata stabil kalaupun ada naik sedikit tidak signifikan, dugaan saya memang ini libur panjang, jadi wajar dan naiknya hanya Rp500 rupiah," kata Budi.

Berdasarkan pantauan petugas TPID DIY bersama pejabat terkait di Pasar Bantul untuk daging ayam naik menjadi Rp33.600 per kg dari minggu lalu Rp32.300 per kg dan daging sapi KW 2 naik dari Rp90 ribu menjadi Rp95 ribu per kg. [tar]

Komentar

x