Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Juni 2018 | 15:12 WIB
 

Apindo Minta Investor tak Gubris Bom Surabaya

Oleh : - | Senin, 14 Mei 2018 | 09:09 WIB
Apindo Minta Investor tak Gubris Bom Surabaya
Ketua Tim Ahli Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sutrisno Iwantono - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Para pengusaha harus tetap tenang, tidak panik, dan menjalankan bisnis seperti biasa, sebagai salah bentuk melawan terorisme.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Ahli Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sutrisno Iwantono menanggapi peristiwa bom Surabaya. "Teror bom ini berupaya mengacaukan situasi di dalam negeri terutama di tahun politik yang mulai hangat," kata Sutrisno di Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Sutrisno mengatakan, salah satu tujuan terorisme adalah menebar ketakutan. Sehingga bila pengusaha takut dan ekonomi terganggu maka tujuan tersebut tercapai. Pada akhirnya pengusaha sendiri yang rugi.

Sutrisno juga mengatakan, pengusaha tidak perlu panik karena perekonomian Indonesia sudah teruji berulang kali. "Investasi di pasar modal misalnya, sudah terbiasa dengan demonstrasi-demonstrasi, tidak panik," katanya.

Ia juga meminta para investor asing tetap tenang karena secara umum situasi Indonesia masih aman dan terkendali. "Investment grade kita bagus, indeks kemudahan berbisnis (easy of doing business) juga terus meningkat."

Masyarakat Indonesia, kata Sutrisno, adalah masyarakat yang cinta damai. Pelaku teror bom hanya segelintir kaum radikal yang sangat minoritas di Indonesia.

Sementara kepada perwakilan-perwakilan usaha asing, Sutrisno berharap, bisa ikut menjelaskan kondisi di Indonesia, bahwa ini dilakukan oleh oknum. "Kita harus bisa menjelaskan pada calon investor asing bahwa kita masih kondusif," kata Sutrisno.

"Namun demikian kita harapkan aparat penegak hukum bertindak cepat, tegas dan mengusut tuntas pelakunya. Hal ini sangat penting untuk menjaga kepercayaan dari dunia usaha," lanjutnya. [tar]

Komentar

 
x