Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 28 Mei 2018 | 02:24 WIB
 

Menko Ekuin Orba Ini Dorong Kerja Sama RI-Jepang

Oleh : - | Selasa, 15 Mei 2018 | 03:19 WIB
Menko Ekuin Orba Ini Dorong Kerja Sama RI-Jepang
Mantan Menko Ekuin era Orde Baru, Ginandjar Kartasasmita - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Menko Ekuin era Orde Baru, Ginandjar Kartasasmita tengah mempersiapkan kerja sama RI dengan Jepang. Fokusnya kepada investasi dan inovasi, bukan utang.

"Investasi swasta Jepang yang membawa masuk modal, teknologi, kemampuan manajerial dan membuka akses ke pasar ekspor telah berkontribusi besar pada ekonomi Indonesia," kata Ginandjar pada simposium Kerja Sama Pembangunan Indonesia-Jepang di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Ginandjar mengatakan, Jepang selalu menjadi bagian dari investor asing terbesar bagi Indonesia. Sehingga, sifat kerja sama dengan Negeri Sakura, harus dibangun pada tingkat yang lebih tinggi pada bidang sumberdaya manusia, teknologi, dan rantai nilai tambah."Kerja sama Indonesia-Jepang harus dapat beradaptasi dan merespon dengan baik dinamika yang berkembang," kata mantan Kepala Bappenas itu.

Ginandjar menjelaskan, saat ini, Indonesia tengah memulai tahap baru dalam pembangunan menuju ekonomi yang kreatif, inovatif dan yang yang berdasarkan ilmu pengetahuan.

Di sisi lain, tambah dia, Indonesia terus meningkatkan pembangunan di sektor pertanian dan manufaktur. "Kesuksesan Jepang dalam mentransformasikan ekonomi yang berbasis pada beras menjadi salah satu kekuatan super dunia di bidang ekonomi dan industri adalah inspirasi bagi seluruh negara Asia," ujar Ginandjar. [tar]

Komentar

 
x