Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 28 Mei 2018 | 02:33 WIB
 

Airlangga Dorong Terus Ekspor Manufaktur

Oleh : - | Rabu, 16 Mei 2018 | 08:09 WIB
Airlangga Dorong Terus Ekspor Manufaktur
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus mendorong peningkatan ekspor produk manufaktur ke Amerika Serikat (AS).

Rasa-rasanya, kenaikan ekspor yang diharapkan sang menteri, bisa terwujud dengan memaksimalkan kapasitas kapal besar pengirim barang ekspor langsung dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, ke Los Angeles, Amerika Serikat (AS). "Saat ini dari kapasitas 10.000 TEUs baru dipakai 4.300 TEUs. Kami akan tingkatkan terus," kata Airlangga di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Airlangga menyampaikan hal itu usai memdampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Pelepasan Ekspor dan Peninjauan Infrastruktur Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Pelepasan ekspor senilai US$11,9 juta itu, mencakup produk dari industri tekstil dan produk tekstil, alas kaki, mebel, ban, elektronik, otomotif dan alat berat, makanan, serta keramik.

Indonesia, menurut Ketum Partai Golkar ini, akan mencari peluang untuk mendapatkan bea masuk nol persen dari ekspor barang jadi tersebut. Mengingat 50% dari barang ekspor dikenakan bea masuk 10% hingga 20% oleh pemerintah AS.

"Nanti perjanjian antara Indonesia dan AS kita mau ada early harvest. Kita kan banyak impor kapas dari sana. Nah, kita upayakan barter karena impor kapas itu nol persen," ungkap Airlangga.

Airlangga mengatakan, upaya tersebut tengah memasuki pembicaraan awal dengan pihak AS. Dengan bea masuk nol persen, dikemukakannya, maka volume ekspor bisa ditingkatkan. "Kita mau arahnya ke sana, karena barang dari Thailand dan Vietnam sudah nol persen ke AS," demikian Airlangga. [tar]

Komentar

 
x