Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 02:42 WIB
 

Jelang Ramadan

Pertamina Siapkan Cadangan Stok BBM

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 16 Mei 2018 | 16:30 WIB
Pertamina Siapkan Cadangan Stok BBM
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk memenuhi kebutuhan bulan puasa dan Hari Raya Induk Fitri 1439 H dipastikan aman. Sebab Pertamina mempersiapkan stok cadangan.

Vice President Fuel Marketing PT Pertamina, Jumali mengatakan, stok yang disiapkan pihaknya sebanyak cadangan 15 persen. Jumlah ini, dipersiapkan karena diyakini pada tahun ini lalu lintas akan meningkat.

"Yang berhubungan dengan BBM, kamj melihat data historis dan prediksi peningkatan lalu lintas, kami menyiapkan peningkatan sebanyak 15 persen dari volume satgas tahun lalu. Kenapa 15 persen karena ada peningkatan lalu lintas mudik meningkat sekitar 13 persen. Kamj siapkan lebih, supaya lebih aman," kata Jumali di Kantor Pertamina, Jakarta Pusat, Rabu (16/5/2018)

Sesangka untuk bahan bakar avtur peningkatannya nasional sekitar 5%. Kemudian, penambahan cadangan LPG sebanyak 4%.
Selain itu,SPBU sepanjang jalur tol seluruh Indonesia disiapkan 25 titik untuk menguatkan penyaluran BBM termasuk tambahan fasilitas berupa mobil kantong BBM.

"Menaruh, mobil kantong BBM yang berpotensi peningaktannya tinggi. Rest area tol yang belum ada SPBU, kami siapkan layanan khususnya, berupa kios kemasan dan mobile dispenser, ini disepenser yang bisa dibawa kemana mana ada di 33 titik," ujar dia.

Sedangkan diluar SPBU tol, lanjut dia, Pertamina mempersiapkan lembaga penyalur baik BBM dan LPG stok tetap terjaga. Total untuk penyaluran BBM ada 6.600 SPBU.

"Ini kita jaga. Untuk Avtur, memang peningkatan tertinggi ada di 3 bandara. Soetta, Juanda, Ngurah Rai, dan Makasar. Itu akan kami jaga penuh, meski peningkatannya 5 6 persen. Fokus untuk distribusi darat akan jadi prioritas khusus, yang akan ke Jateng. Baik itu tol, jalur pantura, tengah dan selatan," kata dia. [ipe]

Komentar

 
x