Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 02:48 WIB
 

BI Waspadai Tantangan dari Ekonomi Global

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 18 Mei 2018 | 00:17 WIB
BI Waspadai Tantangan dari Ekonomi Global
Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengatakan ke depan harus mewaspadai tangangan ekonomi global. Meski keadaan ekonomi global saat ini tengah membaik.


"Antara lain, kenaikan fed fund rate dan imbal hasil surat utang Amerika Serikat, kenaikan harga minyak, ketegangan hubungan dangan AS dan Tiongkok serta isu geopolitik pembatalan kesepakatan nuklir antaran AS dan Iran," kata Agus saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Agus memaparkan, pertumbuhan ekonomi global 2018 diperkiraan mencapai 3,9 persen, lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya sebesar 3,8 persen. Hal ini, papar Agus, didorong oleh akselerasi ekonomi AS yang bersumber dari penguatan investasi dan konsumsi ditengah normalisasi kebijakan AS.

Agus mrincukan, di negara Eropa saat ini pertumbuhan ekonomi juga diperkirakan tumbuh lebih tinggi. Itu didukung dari perbaikan ekspor dan konsumsi serta kebojakan moneter yang akomodatif.

Sementara negara berkembang, pertumbuhan perekonomian Tiongkok diperkirakan tetap tinggi ditopang kenaikan konsumsi dan investasi swasta serta proses penyesuaian ekonomi yang baik.

Menurut dia, prospek pemulihan ekonomi global yang membaik tersebut, akan meningkatkan volume perdagangan dunia. Tren ini berdampak pada tetap kuatnya harga komoditas termasuk pada komoditas minyak pada tahun 2018.

Meski di tengah tren kenaikan ekonomi dunia hal ini, kata dia, harus tepat diwaspadai. Sebab, likuiditas dollar AS cenderung mengetat.

"Kemudian mendorong kenaikan imbal hasil surat utang AS, dan penguatan dolar as, sehingga menekan banyak mata uang lain," ujar dia. [hid]


Komentar

 
x