Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 14:51 WIB
 

Ini Alasan Target Inflasi RAPBN 2019 di 3,5%

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 18 Mei 2018 | 16:21 WIB
Ini Alasan Target Inflasi RAPBN 2019 di 3,5%
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati pada tahun 2019 menargetkan inflasi berada di kisaran 3,5 +/- 1% seperti APBN 2018.

"Pemerintah berupaya menjaga inflasi pada tingkat yang rendah untuk menjamin daya beli masyarakat, pada tahun 2019, pemerintah akan menjaga inflasi pada rentang 3,5 +/- 1 persen," kata Sri dalam paparan Kerangka RAPBN 2019 pada Rapat Paripurna DPR di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Menurut dia, dalam mengendalikan inflasi pemerintah juga akan menjaga keseimbangan sisi penawaran dan sisi permintaan. Kemudian, untuk menjaga ketersediaan pasokan barang khususnya pangan, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas produksi nasional.

"Pemerintah juga tetap akan mengalokasikan subsidi pangan dan dana cadangan pangan yang digunakan untuk penyediaan pangan bagi masyarakat yang kurang mampu," kata dia.

Kemudian, dalam menjaga inflasi dibutuhkan peran dari seluruh stakeholder dan juga kementerian lembaga terkait lainnya. "Peran aktif pemerintah Daerah juga diperlukan untuk menjaga Inflasi di masing-masing daerahnya pemerintah membangun sinergi dan koordinasi dengan Bank Indonesia selaku otoritas moneter untuk mendukung pengendalian inflasi," kata dia. [hid]

Komentar

 
x