Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 17:57 WIB

Archandra Jadikan Ramadan Momentum Perbaiki Diri

Oleh : M Fadil Djaelani | Sabtu, 19 Mei 2018 | 16:48 WIB

Berita Terkait

Archandra Jadikan Ramadan Momentum Perbaiki Diri
Wakil Menteri Energi Sumber Daya Alam (ESDM), Archandra Tahar - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Menteri Energi Sumber Daya Alam (ESDM), Archandra Tahar, mengatakan, bulan suci Ramadan merupakan momentum untuk memperbaiki diri, baik secara perilaku maupun batiniah.

"Ramadan ini adalah momentum untuk memperbaiki diri, di saat perut lapar dan haus tidak ada makanan dan minuman, nah disitulah kita diuji," kata Arcandra Tahar seperti dikutip dari laman resmi ESDM, Sabtu (19/5/2018).

Selain itu ujian yang lainnya adalah ketika dihadapkan pada suatu pekerjaan, semisal dirinya yang menjabat sebagai Wakil Menteri. "Dalam kehidupan sehari hari, bentuk ujian itu adalah banyak agenda rapat untuk membahas problematika yang ada di Kementerian ESDM yang terkadang membuat kita marah, nah inilah tantangan besar masalah akhlak," Arcandra menambahkan.

"Saya tidak sabar untuk melihat perubahan, untuk itu saya selalu minta diingatkan dan momentum Ramadan ini adalah momentum saya buat memperbaiki diri," lanjut Wamen.

Ramadan, selain menjadi momentum untuk memperbaiki diri, juga momentum untuk bersama keluarga. "saat saya tinggal di luar negeri, kita masih terbiasa mengerjakan sendiri, di Indonesia momen itu yang saya rasakan agak sedikit menghilang karena kesibukan. Namun demikian saat berbuka puasa saya selalu mengusahakan pulang untuk berbuka bersama keluarga. Kedua pada sahur, nah disitulah momen-momen bersama kelurga, disitulah momen bersama keluarga untuk saling berbagi cerita dan berbagi pengalaman," ujar Arcandra.

"Saya juga mengingatkan kepada keluarga saya, bahwa jabatan itu adalah sementara, jadi sewaktu-waktu bisa berubah, kadang kita berada di atas, kadang kita berada di bawah, kita harus mempersiapkan diri jika suatu saat posisi saya tidak seperti saat ini, suatu saat pasti akan hilang," tambahnya.

Menurutnya, anak-anak juga dipersiapkan agar dapat memahami bahwa jabatan yang diembannya adalah jabatan publik yang suatu saat akan lepas. Semua keluarga harus siap dengan kondisi itu, jangan sekali-kali terlena oleh suasana seperti ini.

"Saat Ramadan juga saya ingatkan kepada anak-anak untuk lebih care kepada orang lain, betapa beruntungnya kita, bayangkan mereka yang kurang beruntung, tidak punya rezeki seperti yang kita rasakan. Dengan saum Ramadan ini adalah bagian pembelajaran bagi kita untuk dapar merasakan penderitaan saudara-saudara kita yang kurang beruntung," sambung Arcandra.

"Saya tetap akan berusaha agar kebersamaan itu tetap ada, saya berusaha Insha Allah, misalnya dengan membawa anak-anak sholat tahajud bersama-sama juga datang ke masjid bersama," tutup Arcandra.

Komentar

x