Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 10:16 WIB

BI Siapkan Uang Tunai Rp188,2 T Layani Lebaran

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 23 Mei 2018 | 01:01 WIB
BI Siapkan Uang Tunai Rp188,2 T Layani Lebaran
Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebesar Rp188,2 triliun. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penarikan uang tunai saat lebaran.

Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi mengatakan jumlah ini lebih besar bila dibandingkan tahun 2017 lalu. Pada tahun lalu BI hanya menyiapkan Rp166 triliun untuk memenuhi permintaan uang tunai.

"Tahun ini kami sediakan Rp188,2 triliun (uang tunai, red). Kani selalu siapkan uang tunai, sekarang kembali cutlure Indonesia ya, meski ada GNNT (gerakan nasional nontunai) tapi lebih suka pegang uang tunai," kata Rosmaya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Dia mengatakan, penambahan ini dilakukan oleh pihaknya lantaran pemerintah menambah hari libur lebaran. Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan uang tunai maka pihaknya memilih untuk menambah. "Karena libur lebaran (ditambah) juga dan kami dalam kondisi siaga," kata dia menjelaskan.

Dia merincikan, untuk pekan ini jumlah permintaan uang tunai belum signifikan. "Memang minggu ini engga banyak penarikan ya tapi kani siaga saja," kata dia. [hid]

Komentar

Embed Widget

x