Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 17:49 WIB

Ini Lonjakan Pemakaian BBM Saat Lebaran

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 23 Mei 2018 | 14:26 WIB

Berita Terkait

Ini Lonjakan Pemakaian BBM Saat Lebaran
(Foto: inilahcom)

INILACOM, Jakarta - Pemakaian bahan bakar minyak (BBM) untuk semua jenis di rangkaian perayaan hari raya Idul Fitri 1439 H diprediksi akan mengalami kenaikan signifikan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Djoko Siswanto mengatakan, untuk mengantisipasi adanya lonjakan permintaan pemerintah pun sudah menyiapkan stok cadangan untuk memenuhi permintaan BBM.

"Selama periode lebaran 2018 (permintaan) khususnya untuk premium yang akan mengalami kenaikan 7 persen, pertalite 19 persen," kata Djoko saat Rapat Dengar Pendapat di Komisi VII DPR, Rabu (23/5/2018).

Selain itu, untuk pertamax series, kata dia, diperkirakan akan alami kenaikan antara 12-14 persen. Sedangkan untuk solar pso dan solar dex diperkirakan akan mengalami kenaikan antara 11 persen.

"Sementara itu konsumsi log akan mengalami kenaikan 4 persen. minyak tanah 6 persen. dan avtur akan naik 5 persen," ujar dia.

Djoko mengungkapkan, pihaknya sudah mengantisipasi kenaikan tersebut. Salah satunya adalah, sudah meningkatkan rata-rata ketahanan stok.

"Ketahanan stok untuk produk bensin dan solar berada pada rentang 20-47 hari. untuk log 17 hari. Sedangkan minyak tanah mencapai 62 hari, avtur 27 hari," ujar dia.

Dia merincikan, proyeksi kenaikan konsumsi BBM nasional akan mencapai puncaknya pada h-6 h-2 h+4 dan h+8. Dimana pada hari itu adalah pergerakan puncak arus mudik dan balik. Sedangkan untuk puncak peningkatan konsumsi solar diperkirakan lebih awal yaitu h-10 dan h-6.

Sedangkan proyeksi peningkatan konsumsi LPG PSO dan non PSO sekitar 17 persen akan terjadi pada h-5 dan h-1. "Berbagai upaya dan antisipasi sudah disiapkan oleh pemerintah dan pertamina bekerja sama dengan instansi terkait selama periode lebaran tahun 2018 itu," kata dia. [jin]

Komentar

x