Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 14:56 WIB
 

Ini Cara ITPC Genjot Ekspor Kopi ke Kanada

Oleh : - | Rabu, 23 Mei 2018 | 17:38 WIB
Ini Cara ITPC Genjot Ekspor Kopi ke Kanada
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah incar peluang ekspor kopi khas Indonesia (Indonesian specialty coffee) ke pasar Kanada, melalui "Indonesian Specialty Coffee: From Farm to Cup di British Columbia, Vancouver", Kanada.

Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver Rafika Arfani, mengatakan, pihaknya melihat potensi peningkatan ekspor kopi khas Indonesia, seiiring dengan meningkatnya konsumsi masyarakat Kanada terhadap komoditas tersebut.

"Konsumsi kopi masyarakat Kanada dalam rentang usia 18-79 tahun mencapai 71 persen. Kami berharap kopi Indonesia akan semakin banyak dikonsumsi di Kanada," kata Rafika dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Sebanyak 80 orang penggiat kopi seperti pengolah kopi, importir kopi, pemilik kedai kopi, peminat kopi, media, dan 'influencer' hadir dalam acara tersebut, yang juga diisi dengan pengujian cita rasa kopi (coffee cupping/tasting).

"Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi penyuplai kopi khas Indonesia dengan 'buyer' potensial Kanada sekaligus memperkenalkan kopi Indonesia pada masyarakat Kanada," ungkap Rafika.

Sementara itu, penyuplai kopi dari Indonesia yang turut hadir adalah petani kopi Aceh Gayo asal Takengon yang mewakili lima koperasi yaitu Meukat Komoditi Gayo, Kokowagayo, KSU Arinagata, Orang Utan Coffee, dan Redelong Organic Cooperative serta perwakilan PT Sulotco yang memperkenalkan kopi Toraja.

Para penggiat kopi yang hadir dapat berkomunikasi langsung dengan para petani untuk mengetahui cara kopi Indonesia diproduksi. Seluruh penyuplai kopi yang hadir pada acara ini merupakan mitra Kanada-Indonesia Trade and Private Sector Assistance (TPSA) yang merupakan proyek kerja sama antara Kementerian Perdagangan dengan Global Affairs Canada.

Tercatat, nilai impor kopi Kanada dari dunia selama tahun 2017 mencapai US$1,29 miliar, atau naik 8,10% dibandingkan 2016 sebesar US$1,19 miliar.

Sebagian besar impor kopi Kanada dipasok dari Amerika Serikat sebesar US$428,6 juta, Kolombia US$231,5 juta, Brazil US$145 juta, dan Guatemala US$96,70 juta. Sedangkan nilai ekspor kopi Indonesia ke dunia pada 2017 tercatat US$34,45 juta, atau naik 6,1% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar US$32,45 juta. [tar]

Komentar

 
x