Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 00:31 WIB
 

Defisit Transaksi Melebar, Bos BI: Masih Aman

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 24 Mei 2018 | 15:12 WIB
Defisit Transaksi Melebar, Bos BI: Masih Aman
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo - (Foto: inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Meksipun neraca transaksi berjalan (current account deficit, CAD) mengalami defisit pada kuartal I-2018 sebesar 2,15% atau US$5,5 miliar, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut hal ini masih cukup terkendali.

"Defisit transaksi berjalan masih cukup terkendali. Biasa kalau triwulan I agak naik, jangan kaget triwulan II juga agak naik. Itu pola seasonal 2,1 di Q1 lebih tinggi, tapi akan lebih rendah nanti di Q II, II, IV," kata Perry di Gedung MA usai dilantik, Jakarta Pusat, Kamis (24/5/2018).

Perry memperikirakan pada tahun ini, defisit berjalan tidak lebih dari 2,5 persen dari produk domestik bruto (PDB). Proyeksi ini lebih lebar dari yang sebelumnya 2,2%2,3% terhadap PDB.

"Secara keseluruhan defisit transaksi berjalan tahun ini kami perkirakan tidak lebih dari 2,5 persen dari PDB," papar Perry.

Meskipun perkiraan ini cukup besar, namun Perry meyakini masih cukup aman. Ini melihat kondisi ekonomi Indonesia saat ini.

"Untuk Indonesia pada kondisi sekarang pada defisit berjalan sepanjang tidak lebih dari 3.5 % masih cukup oke," kata Perry.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, nilai impor kuartal I-2018 tumbuh 12,75% (yoy), lebih tinggi dari pertumbuhan ekspor yang 6,17% (yoy).

Diketahui, defisit transaksi berjalan ini terjadi sejak tahun 2013. Tahun lalu CAD tercatat sebesar 1,7% terhadap PDB.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan bahwa pelebaran defisit tahun ini lebih disebabkan oleh peningkatan impor barang modal, barang mentah, dan barang setengah jadi yang dibutuhkan untuk produksi.

Makanya, kenaikan impor juga akan berdampak positif pada ekonomi dalam negeri. "Itu masih sangat prudent," kata Mirza. [jin]

Komentar

 
x