Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 14:58 WIB
 

Ke Depan Kerja Sama BI-Pemerintah Semakin Kuat

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 24 Mei 2018 | 15:37 WIB
Ke Depan Kerja Sama BI-Pemerintah Semakin Kuat
Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, sudah lama jabatan Gubernur Bank Indonesia (BI) dipegang orang dari luar, atau bukan pejabat karier.

Namun, saat ini, jabatan Gubernur Bank Indonesia kembali dipegang oleh pejabat karier di BI yakni Perry Warjiyo. Dia adalah orang lama di BI.

"Jadi sudah ngelotok, kemudian dia sekolahnya juga Phd moneter, sebenarnya komplit," kata Darmin usai menghadiri acara pelantikan Perry Warjiyo di Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Darmin menilai Perry bukan saja sekedar moneteris, namun Perry punya perhatian pada pegawai Bank Sentral. "Jadi orangnya menurut saya cukup komplit," kata Darmin.

Dengan kekomplitan yang dimiliki Perry, kedepan ia meyakini kinerja Bank Sentral akan membaik. Dan hubungan kerja dengan pemerintah akan menjadi lebih baik.

"Saya melihat kerja sama antara pemerintah dan BI, itu akan makin lancar dan akan makin kuat," kata dia.

Perry yang alumnus Universitas Gadjah Mada merupakan Mantan Deputi Gubernur BI periode 2013-2018. Saat menjadi wakil Agus di Bank Sentral, Perry banyak membenahi aspek kebijakan moneter, ekonomi internasional, dan ekonomi syariah.

Tugas Perry cukup berat saat ini. Dia datang sebagai pucuk pimpinan tertinggi BI saat arus tekanan terhadap nilai tukar rupiah sedang kencang-kencangnya.

Rupiah sudah melemah 4,53 persen hingga 21 Mei 2018 (year to date/ytd) dan kini berada di kisaran Rp14.100 per dolar AS, yang merupakan level terlemah rupiah sejak 2015. [jin]

Komentar

 
x