Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Oktober 2018 | 06:45 WIB

Pacu Investasi, Darmin Andalkan Izin via Online

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 25 Mei 2018 | 15:27 WIB

Berita Terkait

Pacu Investasi, Darmin Andalkan Izin via Online
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah menargetkan peluncuran platform perizinan Online Single Submission (OSS) pada akhir Mei 2018. Sistem ini menjadi senjata baru pemerintah untuk meniadakan perizinan yang berbelit.

"Platformnya sudah, reformnya sudah selesai. Satgas di pusat dan provinsi sudah selesai terbentuk," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution di Kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Darmin merinci bahwa saat ini kesiapan di tingkat pusat sudah mencapai 100%, namun untuk tingkat daerah progresnya tidak sebagus tingkat pusat. "Di kabupaten, 10 persenan belum selesai bentuk satgas. Kita bilang, kalau you enggak selesau, you enggak ikut," kata Darmin.

Sejauh ini, kendala yang masih diatasi yakni kesiapan organisasi di bawah kendali Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk mengatur masuknya investor ke dalam sistem. "Sekarang yang disiapkan adalah organisasi di bawah BKPM beserta sumber daya manusianya. Begitu terbentuk, kita jalan," kata Darmin.

Pemerintah membangun sistem OSS karena banyaknya keluhan para investor terkait perijinan dan birokrasi yanng berbelit-belit. Penanganannya tidak bisa dipantau sampai sejauh mana berjalan.

Dengan aplikasi ini, Darmin memastikan investor bisa memantau langsung progress ijin yang diajukan. "Jadi begitu ketahuan ijinnya mandeg di pemerintah daerah, misalnya, maka bisa langsung diatasi dengan cepat oleh satuan tugas," katanya. [hid]

Komentar

x