Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 05:35 WIB

Telur Ayam di Palu Kuras Dompet Ibu-ibu

Oleh : - | Senin, 28 Mei 2018 | 09:09 WIB
Telur Ayam di Palu Kuras Dompet Ibu-ibu
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Palu - Harga telur ayam di Kota Palu, Sulawesi Tengah, melambung tinggi. Seiring meningkatnya permintaan di bulan Ramadan.

Dari pantauan langsung di Pasar Masomba, salah satu pasar tradisional di Ibu Kota Provinsi Sulteng, harga telur mencapai Rp57.000/rak. Satu rak berisi 30 butir telur. Normalnya harga telur ayam di tingkat pengecer hanya Rp38.000/rak.

Sepekan menjelang puasa, harga telur ayam naik Rp47.000 hingga Rp50.000/rak. Saat ini, semakin naik hingga Rp57.000/rak. Namun demikian, meski harga telur naik, permintaan masyarakat juga cenderung terus meningkat.

Selama puasa ini, kata Nursita, seorang pedagang telur di Pasar Masomba, permintaan masyarakat terhadap kebutuhan pokok tersebut meningkat. Selain permintaan masyarakat meningkat, harga telur di tingkat produsenpun naik sehingga pedagang terpaksa ikut menyesuaikan harga penjuakan.

Bahkan, kata dia, telur ayam produksi petani di Kota Palu dan sekitarnya, tidak hanya dijual di pasaran setempat, tetapi juga dibawa keluar terutama ke Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Buol. Dua daerah di Sulteng itu, selama ini memasok telur ayam untuk kebutuhan masyarakat Palu.

Selama dua hari (25-26 Mei), Pemprov Sulteng menggelar pasar murah sembako, guna membantu masyarakat mendapatkan berbagai bahan kebutuhan sehari-hari dengan harga yang murah. Namun, kehadiran pasar murah tetap belum mampu pula menekan harga telur ayam yang di pasaran terus mengalami kenaikan tajam. [tar]

Komentar

Embed Widget

x