Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 19:24 WIB

Investasi Properti Mahal Tunggu Pilpres Rampung

Oleh : - | Senin, 28 Mei 2018 | 10:11 WIB
Investasi Properti Mahal Tunggu Pilpres Rampung
Ali Tranghanda - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pasar properti mewah diprediksi stagnant, lantaran investor masih wait and see hingga 2019. Hunian di atas Rp1 miliar bakal sulit laku cepat.

Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch, menyatakan, pengembang dan investor besar lebih memilih untuk menunggu dan melihat stabilitas politik. Sementara, investasi menengah ke bawah, cenderung meningkat.

Ali menjelaskan, siklus properti tengah naik dan tahun politik akan sedikit menghambat investasi properti, terutama yang nilainya di atas Rp1 miliar. "Investor-investor besar cenderung akan menunggu sampai ada kepastian stabilitas politik, apalagi pemilu kali ini agak panas dan tensinya agak tinggi," tutur Ali di Jakarta, Minggu (27/5/2018).

Dampak signifikan terasa pada penjualan apartemen, karena termasuk segmen menengah ke atas yang lebih memilih menunggu. Sedangkan, penjualan rumah di pinggiran Jakarta seperti daerah Bekasi (Jawa Barat) dan Banten tetap baik.

Dia menerangkan, partai politik akan menggelontorkan dana besar, sehingga jumlah uang yang beredar di masyarakat, cukup tinggi. Kondisi ini, baik untuk investasi properti yang nilainya di kisaran Rp300 juta-Rp500 juta. Prospeknya di semester II-2018, bakal moncer. "Pembelanjaan partai akan naik, uang akan berputar di masyarakat, ke usaha-usaha kecil, sehingga peluang properti menengah akan naik," jelas Ali.

Ali melanjutkan, triwulan I-2018, penjualan rumah di pinggiran Jakarta naik 58% dari triwulan IV-2017. Kenaikan ini cukup tinggi setelah tahun lalu anjlok. [tar]

Komentar

x