Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 13:36 WIB

Siapa Main Impor Beras, DPR Panggil Kemendag

Senin, 28 Mei 2018 | 14:40 WIB

Berita Terkait

Siapa Main Impor Beras, DPR Panggil Kemendag
Anggota Komisi VI DPR Lili Asdjudiredja - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kebijakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuka keran impor beras 1 juta ton, mencurigakan. Beras di berbagai daerah mencukupi kok impor.

Demikian pernyataan Anggota Komisi VI DPR Lili Asdjudiredja di Jakarta, Senin (28/5/2018). "Saat rapat dengan perum Bulog, disampaikan bahwa cadangan beras ada 1,5 juta ton. Ketika kami berkunjung ke Semarang, Medan dan Banten, persediaan beras cukup. Lalu impor buat apa? Rasanya ada yang aneh dengan data kemendag," papar politisi senior Partai Golkar ini.

Kalau tak ada aral, kata Lili, Komisi VI DPR menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan kemendag pada Kamis (31/5/2018). Dalam momentum ini, bakal dibahas adanya perbedaan data antara kementerian pertanian, Perum Bulog dan Kemendag.

"Kalau data Kementan dan Bulog sama, enggak ada maalah. Yang aneh justru data Kemendag. Ini ada apa? Jangan sampai ada yang bermain dengan mengorbankan nasib petani," tegasnya.

Di tengah anjloknya nilai tukar rupiah, menurut Lili, pemerintah perlu mengevaluasi seluruh rencana impor, termasuk beras. "Komisi VI resmi minta impor beras dibatalkan. Saya khawatir pak presiden dibohongi saja. kasihan beliau udah benar memimpin namun anak buahnya ada yang keluar jalur," ungkapnya. [ipe]

Komentar

x