Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 20:00 WIB

Budi Dibikin Sport Jantung Tol Jakarta-Surabaya

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 28 Mei 2018 | 16:45 WIB

Berita Terkait

Budi Dibikin Sport Jantung Tol Jakarta-Surabaya
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjanji akan lebih memperhatikan arus mudik yang menggunakan jalur darat. Utamanya melintasi tol Cipali dan Merak.

Sebab, seperti tahun-tahun lalu, tol ini selalu mengalai kemacetan saat musim mudik lebaran. Apalagi, pemerintah resmi menambah libur hari raya idul Fitri 1439 Hijriah.

"Secara khusus angkutan darat memang harus hati-hati dan angkutan darat ini. Kami tahu spot yang harus diperhatikan, di Cipali dan satu di Merak," kata Budi di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (28/5/2018).

Budi sesumbar, untuk tol di Merak tak akan terjadi kemacetan yang signifikan. Sebab, semuanya sudah dipersiapkan dengan baik. Namun dirinya was-was alias deg-degan dengan tol Cipali yang sekarang ini sudah tembuh ke Surabaya.

"Yang di Cipali ada jalan tol dari Jakarta sampai Surabaya. Ini membuat frekuensi masyarakat ke sana akan banyak sekali," kata dia.

Dengan begitu, mantan Dirut PT Angkasa Pura II itu, meminta agar masyarakat yang sudah libur bisa pulang lebih dulu. Tujuannya agar tidak terjadi keberangakatan mudik dalam waktu bersamaan sehingga menyebabkan kemacetan.

"Bagi yang sudah libur sebaiknya mereka (pulang) enggak minus 2-3 (Lebaran). Menurut kami minus 2-3 itu merupakan frekuensi (tinggi/puncak mudik). Kalau mereka sudah libur minus 4,5,6 pulang dahulu ya," kata dia.

Dalam kesempatan ini, dia memuji kinerja Kementerian PUPR dalam pembangunan jalan di sepanjang pantura. Menurut dia, jalan pantura mendukung pemudik lebaran 1439 H. "Jalan Pantura PU ini top banget. Jalan-nya sudah bagus, jangan cuma tol ke Pantura," kata dia. [ipe]

Komentar

x