Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 14:50 WIB
 

Komisi V Optimis Proyek Kapal Tol Laut Tepat Waktu

Oleh : - | Rabu, 30 Mei 2018 | 06:09 WIB
Komisi V Optimis Proyek Kapal Tol Laut Tepat Waktu
Anggota Komisi V DPR Muhidin M Said - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi V DPR Muhidin M Said mendukung pembangunan 7 kapal untuk tol laut yang digarap galangan kapal PT Steadfast Marine, Pontianak Utara, Kalimantan Barat.

"Saya bersama teman-teman di Komisi V DPR, telah melakukan pengecekan langsung ke Pontianak. Kita lihat bagaimana progress-nya. Dari tujuh unit yang dipesan Dirjen Hubungan Laut Kemenhub, sudah ada satu yang rampung kok. Lainnya masuk tahap penyelesaian (finishing)," papar Muhidin kepada wartawan di Jakarta, Selasa (29/5/2018).

Masih menurut politisi Golkar ini, konsep tol laut yang digagas Presiden Joko Widodo, cukup positif. Tujuannya untuk mencegah disparitas harga serta menjaga persediaan barang di pulau-pulau terpencil.

Apakah proyek ini tergolong mundur dari jadwal? Menurut Muhidin, berdasarkan kontrak, tujuh kapal tersebut seharusnya bisa kelar tahun ini. "Kami masih optimis, kapal tol laut bisa rampung sesuai kontrak. Kami lihat tinggal interiornya saja kok," paparnya.

Sekedar informasi, Komisi V DPR berkunjung ke PT Steadfast Marine pada akhir April lalu. Rombongan yang dipimpin Wakil ketua Komisi V DPR Lasarus itu, ingin mengetahui progress pembuatan 7 kapal untuk tol laut. Hasilnya, 1 unit sudah rampung, enam lainnya masuk progress 92%. Diperkirakan, seluruh kapal siap beroperasi pada awal 2019.

Pihak Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Hubungan Laut (Hubla), memesan tujuh unit kapal tipe 2000 GT dan 1200 GT. Anggaran per unit kapal 2000 GT sekitar Rp73 miliar, sedangkan kapal 1200 GT antara Rp53 miliar-Rp54 miliar per unit. Proses pembuatan tujuh kapal tersebut dimulai sejak 2015. [ipe]

Komentar

 
Embed Widget

x