Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 17:03 WIB

Jalan Nasional di Sulawesi Siap Layani Mudik

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 31 Mei 2018 | 17:33 WIB

Berita Terkait

Jalan Nasional di Sulawesi Siap Layani Mudik
(Foto: Istimewa)


NILAHCOM, Makassar - Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar, Miftachul Munir mengatakan kemantapan jalan Nasional di Sulsel dan Sulbar secara umum mencapai 91% menjelang lebaran tahun 2018 ini.

"Untuk Lintas Barat Sulsel dari Makassar Polewali Mandar Majene Mamuju - Palu tidak ada masalah, hanya ada 1 titik dari Pare-Pare ke batas Polewali Mandar sedang ada persiapan pekerjaan penanganan transisi, saat ini kami kebut untuk menutup lubang-lubang sehingga H-10 Lebaran sudah siap digunakan," katanya saat mendampingi anggota Komisi V DPR, yang dipimpin Ibnu Munzir saat melakukan kunjungan kerja spesifik pada 30 Mei 1 Juni 2018.

Infrastruktur yang ditinjau adalah Bandara Sultan Hasanuddin, Terminal Regional Daya, Pelabuhan Soekarno serta Jalan Tol Ir. Sutami.

Dalam kunjungan tersebut dibahas tentang kondisi jalan nasional di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat sebagai wewenang dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar.

"Sedangkan jalur ke arah Palopo dari Makassar Maros Pare-Pare Palopo terdapat beberapa paket penanganan pemeliharaan sehingga diberlakukan contraflow di 4 titik, selain itu juga terdapat penanganan jembatan. Dari arah Palopo ke Pare-Pare melalui Sidrap ada 3 paket pelebaran jalan yang sedang digali, kami instruksikan untuk ditutup sehingga tidak mengurangi kapasitas lajur lalu lintas sehingga H-10 sudah tertutup dan siap digunakan," jelasnya seperti mengutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Kamis (31/5/2018).

Lebih lanjut, Kepala BBPJN XIII menuturkan salah satu akses antar propinsi yaitu ruas jalan dari Maros menuju Watampone terdapat 1 paket pekerjaan elevated road yang melewati Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung dengan total panjang 2,7 km diharapkan H-7 Lebaran sudah dapat dibuka.

Sementara itu, terkait pembangunan Jalan Layang Tol AP Pettarani dipastikan tidak akan mengganggu aktifitas jalan karena hanya ada pemasangan MCB (Moveable Concrete Barrier) yang dilakukan di bahu jalan.

Komentar

x