Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Oktober 2018 | 22:46 WIB

DPR: Beras Bulog Bermutu Rendah Jadi Bahan Oplosan

Jumat, 1 Juni 2018 | 14:09 WIB

Berita Terkait

DPR: Beras Bulog Bermutu Rendah Jadi Bahan Oplosan
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ini masih soal importasi beras sejuta ton yang masuknya dicicil dua kali, masing-masing 500 ribu ton.

Menurut Anggota Komisi VI DPR, Irmadi Lubis, pemerintah menilai bahwa persediaan beras tiris sehingga perlu digerojok dengan mendatangkan beras dari luar negeri. "Ini kan sah-sah saja. Karena tujuannya untuk menjaga persediaan di dalam negeri. Agar harga bisa terjaga," paparnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (31/5/2018)

Terkait pernyataan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso bahwa persediaan beras di gudang (Bulog) sepanjang Ramadan hingga Lebaran, mencukupi.

Sedikitnya ada 1,42 juta ton. Sementara kebuhan beras nasional mencapai 2 juta ton per bulan. Sehingga perlu digerojok dengan importasi beras.

"Dan ingat, kualitas beras yang tersimpan di Gudang Bulog ini, seperti apa? Pak Budi Waseso, saat rapat dengan Komisi VI mengakui rendahnya kualitas beras di Gudang Bulog. Karena kurang bagus, beras itu dijadikan sebagai bahan oplosan," papar politisi senior di PDIP ini.

Meski begitu, Irmadi sepakat bahwa kebijakan importasi komoditas pangan, tidak boleh serampangan. Lantaran ada nasib rakyat kecil yang bakal terkena imbasnya apabila pemerintah menerapkan impor secara jor-joran. "Di sini, nasib petani tetap menjadi prioritas. Demikian pula ketersediaan atau stok, harus terjamin," ungkapnya. [tar]

Komentar

x