Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 05:53 WIB

Kelancaran Mudik Tak Tergantung Kondisi Jalan

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 3 Juni 2018 | 14:03 WIB

Berita Terkait

Kelancaran Mudik Tak Tergantung Kondisi Jalan
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono - (Foto: inilahcom)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan kelancaran pada saat mudik Lebaran tidak hanya ditentukan oleh sarana dan prasarana jalan, namun juga pengaturan lalu lintas dan perilaku pengendara sendiri.

"Kondisi jalan nasional saat ini kondisinya 90% mantap. Selain itu, jalan tol yang dapat digunakan pada mudik tahun ini, lebih panjang dibandingkan dari tahun lalu. Tol dari Merak ke Pasuruan sepanjang 995 kilo meter (km), 760 km telah operasional dan sisanya 235 km telah fungsional," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti mengutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Minggu (3/6/2018).

Sementara Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Herry Trisaputra Zuna mengatakan dengan masa libur yang panjang, para pemudik memiliki kesempatan untuk secara bijak memilih moda transportasi untuk mudik baik jalan, pesawat, dan kereta.

Apabila memilih transportasi jalan, kata Herry TZ, juga terdapat banyak pilihan selain jalan tol yakni jalan arteri nasional baik lintas utara, tengah, dan selatan kondisinya cukup baik. Untuk jalur Pantai Selatan banyak pilihan destinasi wisata pantai yang bisa dikunjungi yang lokasinya tidak jauh dari jalan arteri.

"Para pemudik juga perlu memilih waktu mudik yang tepat, jangan bersamaan dengan puncak mudik. Untuk mendorong distribusi lalu lintas, ada diskon tarif tol pada 13-14 Juni dan 18-19 Juni 2018. Uang elektronik perlu disiapkan. Untuk tarif tol Jakarta-Surabaya saat ini Rp344.000. Bank Indonesia telah menaikkan batas saldo uang elektronik menjadi Rp2 juta," kata Herry TZ.

Komentar

x