Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 03:29 WIB

Jelang Mudik 2018

Budi Panggil Bos Garuda Aksi Mogok Pilot Ditunda

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 4 Juni 2018 | 04:06 WIB

Berita Terkait

Budi Panggil Bos Garuda Aksi Mogok Pilot Ditunda
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, rencana pilot Garuda Indonesia mogok dipastikan bakal ditunda. Hal ini diketahui setelah mendapat laporan dari lapangan.

"Saya mendapat laporan dari dirut Garuda, bahwa para pilot menunda untuk melakukan mogok," kata Budi di Jakarta, Minggu (3/6/2018).

Batalnya mogok terbang itu, lanjut Budi, karena musyawarah tengah dilakukan untuk mendapatkan solusi yang diharapkan pilot serta manajemen. "Proses komunikasi akan dilakukan, kemarin dirut sudah melakukan. Hari senin nanti dengan saya juga," ujar dia.

Budi mengatakan, pemerintah meminta seluruh pilot untuk tetap fokus menjalankan tugasnya di tengah musyawarah. Dengan begitu pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu dan kegiatan usaha terus berjalan seperti biasa.

"Dari itu semua saya sekali lagi menghimbau para pilot untuk bekerja dengan suatu komunikasi yang baik. Jika dilakukan suatu introspeksi bersama dengan berbagai pihak, pasti ada jalan dan itu tidak terjadi. Saya menghimbau dan mendoakan itu terjadi," kata dia.

Mantan Dirut Angkasa Pura II ini meyakini bahwa sengkarut di tubuh Garuda, bisa tuntas dengan cepat. Dia menjamin tidak akan mengganggu pelayanan selama mudik dan balik Lebaran 2018.

Sekedar mengingatkan, asosiasi Pilot Garuda (APG) bersama Serikat Karyawan Garuda (Sekarga) kompak mengancam mogok terbang.

Mereka mendesak pemerintah merombak jajaran direksi Garuda yang dinilai gagal. Ya, karena maskapai penerbangan pelat merah ini menderita kerugian yang cukup jumbo. Mencapai Rp2,88 triliun pada 2017. Pihak APG dan Sekarga memberikan deadline sebulan terhitung sejak 2 Mei 2018.

Dan, aksi mogok terbang ini, disebut APG dan Sekarga sebagai upaya penyelamatan Garuda. Agar tak bernasib seperti Merpati yang bankrut lantaran utang besar. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x