Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Juni 2018 | 04:02 WIB
 

Jelang Lebaran, Jasa Penukaran Uang Untung Besar

Oleh : - | Senin, 4 Juni 2018 | 13:09 WIB
Jelang Lebaran, Jasa Penukaran Uang Untung Besar
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Bekasi - Dari tiap transaksi, penyedia jasa penukaran uang baru mematok komisi 10%. Makin besar duit yang ditukar, makin tinggi komisinya. Namun, BI memerangi bisnis musiman menjelang Lebaran ini.

Adalah Dede, salah satu penyedia jasa penukaran uang yang dijumpai di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/6/2018), mengaku bisa membawa pulang duit Rp700 ribu hingga Rp1.000.000 per hari."Alhamdulillah, ini berkah menuju lebaran. Keuntungan bersih saya dalam sehari, minimal bisa sampai Rp 700.000," kata Dede.

Dalam bisnis ini, Dede menyediakan penukaran uang baru pecahan Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000 dan Rp20.000. Di mana, setiap penukaran Rp100 ribu dikenakan tarif tambahan sebesar Rp10.000, atau 10% dari penukaran. Demikian pula untuk penukaran uang dalam jumlah besar dikenakan aturan sama."Pecahan uang baru itu saya dapatkan dari saudara saya yang kebetulan bekerja di salah satu bank swasta," kata Dede.

Dede menambahkan, keuntungan dari jasa penukaran uang yang dilakoni, semakin berlipat ketika ada order atau pesanan dari perusahaan. "Seperti tahun lalu ada perusahaan yang menghubungi saya minta tukar uang, jumlah permintaan tukarnya semakin banyak jika ada pesanan khusus perusahaan," kata Dede.

Jasa penukaran uang perorangan ini menjadi pemandangan umum jelang lebaran dimana uang hasil penukaran tersebut biasanya digunakan masyarakat untuk memberi Tunjangan Hari Raya (THR) kepada sanak famili atau keluarga dekat yang telah menjadi tradisi turun temurun di Indonesia.

Meski belum mendekati hari raya lebaran namun sejumlah titik keramaian di Kabupaten Bekasi mulai dipenuhi para penyedia jasa penukaran uang yang diminati warga jelang lebaran.

Sepri yang berprofesi sama dengan Dede, mengatakan, jauh-jauh hari sebelum Lebaran sudah berencana berbinsis penukaran uang baru. "Saat ini saja bisa sampai satu juta rupiah keuntungan bersih saya," katanya.

Penyedia jasa penukaran uang di Jalan Urip Sumoharjo Cikarang itu mengaku kenaikan keuntungan dari jasa itu biasanya terjadi menjelang hari raya lebaran.

"Biasanya lebaran kurang seminggu sampai tiga hari penukaran uang melonjak. Dalam satu hari bisa mencapai 100 sampai 200 orang yang menukarkan uangnya," katanya.

Komentar

 
x